oleh

Normalisasi Sungai, Pemkot Tangerang Dapat Bantuan 200 Miliar

Kabar6-Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang sedianya bakal mendapatkan bantuan dana sebesar Rp 200 Miliar dari pemerintah pusat untuk menormalisasikan Kali Cisadane, Situ Bulakan, Kali Sabi serta Cirarab, pada Tahun 2015 mendatang.

Hal tersebut diharap dapat menjadi solusi pengurangan potensi banjir yang kerap melanda wilayah Kecamatan Priuk dan sekitarnya, yang selama ini selalu terkena dampak banjir setiap kali musim penghujan tiba.

“Kemarin saya bertemu dengan Ditjen Sumber Daya Air untuk koordinasi percepatan pembangunan turap, rencananya Kota Tangerang dapat bantuan Rp200 miliar tahun depan,” ujar Arief R Wismansyah, Walikota Tangerang, saat menyampaikan Nota Jawaban Walikota terhadap Pemandangan Umum Fraksi-fraksi mengenai tiga Raperda di Ruang Rapat Paripurna DPRD, Rabu (12/11/2014).

Bahkan, lanjut Arief, Ditjen Sumber Daya Air kiranya juga akan memberikan bantuan pembangunan jalan inspeksi Kali Angke sepanjang 20 km dan lebar 7 meter, yang nantinya bisa menjadi akses jalan bagi masyarakat.

“Untuk akses kendaraan, sudah siap dari segi anggaran, asal Pemkot melakukan pemebebasan lahannya,” tukasnya.

Sedangkan, tambah Arief, untuk program normali Kali Angke yang saat ini belum rampung, dirinya meminta kepada Ditjen untuk perpanjangan waktu. Hingga saat ini, progres penurapan baru mencapai 80 persen karena terkendala pembebasan lahan. **Baca juga: Akhir Oktober, Penyerapan APBD Tangsel Baru 38 Persen.

“Untuk pembebasan menjadi tugas pemkot, tapi karena waktunyua tingga 1,5 bulan lagi, kita minta perpajangan. Dijten bilang akan usulkan ke Kementerian Keuangan, sehingga pernurapan bisa selesai 100 persen pada tahun 2015,” pungkasnya.(Ges)

Berita Terbaru