oleh

Normalisasi Sungai Cisadane 2015

Kabar6-Peremajaan Bendungan Pintu Air Sepuluh segera dilakukan pada tahun ini. Sedangkan normalisasi Sungai Cisadane dilakukan pada tahun 2015 mendatang.

Kepastian itu diungkap Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto dalam rapat bersama 5 Kepala Daerah, yaitu Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar, Walikota Tangerang Arief Wismansyah, Bupati Bogor Rahmat Yasin, Walikota Bekasi Rahmat Effendy, Walikota Depok, Nur Mahmudi Ismail, Senin (27/1/2014).

“Tahun ini kita akan lakukan peremajaan terhadap pintu air pasar baru (Bendungan Pintu Air Sepuluh), dan tahun 2015 mulai kita normalisasi Sungai Cisadane,” ujar Djoko Kirmanto.

Sementara, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar dihadapan Mentri PU menjelaskan, bahwa sudah terjadi pengikisan dan sedimentasi pada Sungai Cisadane.

Selain itu, Bendungan Pintu Air Sepuluh juga sudah bermasalah dan sudah tidak bisa lagi menahan debit air yang besar. **Baca juga: Arief Siapkan 200 Milyar Atasi Banjir.

Sedangkan pada hilir wilayah Tanjung Burung telah terjadi pengikisan dan pelebaran sungai, hingga perlu dilakukan penataan kembali pada sepadan sungai.(hms/tom migran).

Berita Terbaru