oleh

Nilai TWK Peserta Tes CPNS Kota Tangerang Rendah

Kabar6-Sebagian besar dari Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kota Tangerang, yang telah mengikuti tes seleksi di Perguruan Tinggi Budhi, Kecamatan Karawaci, pada Senin (10/11/2014), dinyatakan bernilai rendah pada Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatikan (BKPP) Kota Tangerang, M Noor mengungkapkan, para peserta diharuskan mengikuti tiga tes yakni Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).

Namun, dari hasil sementara, kebanyakan dari para peserta mendapat nilai yang rendah pada Tes Wawasan Kebangsaan. Meski demikian pihaknya harus menungu hasil penilaian akhir dari Badan Kepegawaian Negara (BKN).

“Ya, kelihatannya banyak nilai yang kurang di Tes Wawasan Kebangsaan,” ujarnya.

M.Noor juga menambahkan, meski berjalan lancar, namun pada hari pertama tes seleksi ini, masih ada beberapa peserta yang datang terlambat dan menggunakan pakaian yang tidak sesuai ketentuan.

“Yang terlambat tidak kita beri toleransi, karena sebelum ujian ada pengarahan terlebih tentang tata cara mengerjakan soal yang harus diketahui semua peserta. Jumlahnya kita belum tahu,” tegas dia.

Sementara itu, Kepala Bagian Umum Regional III Bandung Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Tina Tri Andiani yang mengawasi proses Seleksi CPNS Kota Tangerang mengatakan, untuk penilaian sendiri peserta dinyatakan lulus jika memperoleh nilai sama atau lebih besar dari nilai ambang batas (passing grade), yakni 126 untuk Tes Karakteristik Pribadi, 75 untuk Tes Intelegensia Umum, dan juga 70 untuk Tes Wawasan Kebangsaan.

“Meski nilai keseluruhan besar, tapi kalau nilai salah satu tes lebih kecil dari passing gradenya, ya tetap tidak lulus. Misalnya nilai keseluruhan 300, tapi nilai wawasan kebangsaan 65, ini tidak lulus,” paparnya.

Tina menambahkan, peserta ujian tersebut diberikan waktu 90 menit untuk menyelesaikan 100 soal pada tiap tes.

“Ketentuan tes dan nilai ini itu sesuai dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatut Negara (Permenpan) no 29 /2014 tentang Nilai Ambang Batas Tes Kompetensi Dasar Seleksi CPNS Tahun 2014,” katanya. **Baca juga: RAPBD Kota Tangerang 2015 Rp 3, 74 Triliun.

Untuk diketahui, berdasarkan jadwal, hari ini sebanyak 315 peserta yang ikut. Tes terbagi dalam tiga sesi, dimana masing-masing sesi terdiri dari 105 peserta.(ges)

Berita Terbaru