oleh

Nikmati Alam Selama 2 Jam Bagus untuk Kesehatan

Kabar6-Menikmati keindahan alam ternyata tidak sekadar merasakan sejuknya udara sekaligus suasana yang tenang jauh dari kebisingan, karena menurut penelitian terbaru, menikmati keindahan alam selama dua jam memiliki manfaat kesehatan yang tak terduga.

Sekelompok peneliti dari Inggris, melansir Klikdokter, mencoba meneliti bagaimana aktivitas di alam bisa meningkatkan kesehatan. Para peneliti melakukan survei pada lebih dari 19 ribu orang di Inggris tentang waktu rekreasi yang mereka habiskan di alam selama seminggu terakhir. Hal tersebut disurvei berbarengan dengan kesehatan dan kesejahteraan yang dilaporkan sendiri oleh para responden.

Hasilnya, orang-orang yang menghabiskan setidaknya 120 menit seminggu di alam dapat meningkatkan kesehatan mental dan fisiknya. Hal ini dibandingkan dengan orang-orang yang tidak menghabiskan waktu di alam.

Ukuran manfaat kesehatan itu, dikatakan para peneliti, serupa dengan apa yang orang dapatkan dengan melakukan aktivitas fisik. Tidak menjadi masalah bagaimana orang-orang tersebut menghabiskan 120 menit di alam, termasuk jika hanya dengan jalan kaki singkat di dekat rumah. Nyatanya, itu sama manfaatnya ketika Anda berjalan di taman pada akhir pekan dalam waktu yang lebih lama.

Para peneliti menunjukkan bahwa ini hanyalah langkah awal untuk dapat merekomendasikan setiap orang agar mau menghabiskan waktu tertentu setiap minggu di alam.

Sementara itu, memang banyak penelitian sebelumnya yang telah menunjukkan bahwa hanya dalam waktu singkat di alam dapat memberikan manfaat kesehatan. Dalam sebuah penelitian, orang-orang yang berolahraga selama lima menit di alam terbuka mampu meningkatkan harga diri dan suasana hatinya.

Beberapa manfaat kesehatan dari alam adalah orang bisa mendapatkan lebih banyak aktivitas fisik ketika mereka berada di luar ruangan. Tetapi, penelitian menunjukkan bahwa hanya duduk diam di alam saja dapat meningkatkan kesehatan.

Patricia Hasbach, PhD, seorang psikoterapis dari Amerika Serikat juga mengatakan, alam dapat memberikan kelegaan pada Anda yang lelah secara mental. Hal ini biasanya bagi para pekerja yang sehari-harinya terfokus di depan layar komputer. ** Baca juga: Benarkah Makan Kol Berlebihan Bisa Bikin Bau Badan?

Jadi, menikmati alam adalah hal yang bagus untuk kesehatan. Waktu yang disarankan adalah dua jam. Namun bila Anda hanya punya waktu 15 menit, hal itu sudah lebih dari cukup untuk membuat Anda bersemangat.(ilj/bbs)

ID:2659 Responsif

Berita Terbaru