oleh

‘Ngidam’ Makanan Tertentu Ternyata Bisa Tunjukkan Kondisi Kesehatan Tubuh

Kabar6-Anda tentu pernah memiliki keinginan (mengidam) makanan tertentu, meskipun tidak dalam kondisi hamil. Tidak sekadar keinginan, ternyata mengidam makanan tertentu bisa menunjukkan kondisi kesehatan tubuh, lho.

Apa sih kondisi kesehatan yang ingin ditunjukkan apabila Anda ngidam mengonsumsi empat makanan tertentu? Melansir tempo.co, keinginan mengunyah es yang besar menunjukkan Anda mengalami anemia. Menurut studi pada 2014, mengunyah es bisa dikaitkan dengan kekurangan kadar zat besi.

Para peneliti menduga, mengunyah es bisa meningkatkan aliran darah ke otak, yang bisa menangkal kekurangan zat besi. Jadi mereka pun menyimpulkan bahwa mengunyah es bisa jadi tanda tubuh terkena anemia.

Sementara saat tubuh memiliki keinginan besar untuk terus menerus mengonsumsi cokelat, bisa menjadi tanda bahwa kita mengalami depresi. Seseorang yang depresi butuh makanan manis seperti cokelat. Makanan yang satu ini memang terbukti mengurangi kadar hormon stres di tubuh dan bisa meningkatkan rileksasi otot.

Mengidam makanan lain yang mengandung keju ternyata bisa menunjukkan bahwa kita sedang dalam suasana hati yang buruk. Mengonsumsi makanan yang banyak kejunya memang bisa membuat suasana hati lebih baik dan meningkatkan konsentrasi.

Sedangkan ngidam makanan yang manis seperti kue dan permen, bisa menunjukkan bahwa tubuh sedang kelelahan. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Mayo Clinic, orang-orang yang kurang tidur hingga kelelahan akan mengonsumsi makanan manis lebih banyak.

Makanan manis memang bisa membuat kita lebih bertenaga. Itulah mengapa seseorang yang mudah merasa lelah akan selalu membawa makanan manis kemana pun ia pergi. ** Baca juga: Obesitas Bisa Dipicu Kebiasaan Makan Sambil Bermain Ponsel

Bagaimana dengan Anda? (ilj/bbs)

Berita Terbaru