oleh

Ngeri, Ada Katak Tanpa Kepala Hidup di Hutan Connecticut

Kabar6-Jill Fleming, seorang Herpetologis, berhasil mendokumentasikan seekor katak tanpa kepala. Penemuan katak Amerika (spesies Anaxyrus Americanus) ini terjadi di Hutan Connecticut, saat Fleming melakukan riset penelitian terhadap kadal air bintik merah.

Dikatakan Fleming, awalnya ia tak sengaja melihat keanehan seekor katak yang sering menabrak benda-benda di sekitarnya. Melansir livescience, Fleming menduga kalau penyebab katak tanpa kepala itu bukan karena faktor kelainan genetik. Hal itu karena apabila hidup tanpa mulut, hidung dengan organ penting, tentu katak tadi tidak akan bisa tumbuh hingga dewasa.

Kemungkinan, katak tersebut terluka ketika sedang melakukan proses hibernasi, seperti yang sering dilakukan hewan reptil lainnya. Misalkan predator yang memakan kepalanya. Jadi saat ia terbangun dari hibernasi sudah tidak mempunyai kepala lagi.

Pendapat lain datang dari seorang dokter hewan bernama Lydia Franklinos. Menurutnya, penyebab katak aneh tanpa kepala itu bisa saja gara-gara terinveksi larva lalat (Lucilia Bufonivora).

Larva lalat ini bisa membuat daging menjadi busuk. Pelan-pelan dagingnya akan digerogoti, begitu juga jaringan tulang katak akan hancur karena memang tulang katak cenderung rapuh. ** Baca juga: Di Filipina Makanan Sisa Sampah Restoran Didaur Ulang untuk Masyarakat Miskin

Tidak diketahui sampai kapan katak itu mampu bertahan hidup tanpa makan dan minum karna tidak lagi memiliki kepala.(ilj/bbs)

Berita Terbaru