oleh

New Normal, Perlukah Cuci Baju yang Dipakai ke Kantor Tiap Hari?

Kabar6-Beberapa perusahaan saat ini mulai menerapkan sistem bekerja di kantor kembali, sebagai bagian dari tatanan hidup baru di era new normal. Artinya, Anda harus kembali keluar rumah dan bertemu banyak orang.

Untuk Anda yang menggunakan kendaraan umum untuk pergi ke kantor, sejumlah hal penting tentu tak dapat dihindari, termasuk menerapkan protokol kesehatan yaitu memakai masker dan rajin mencuci tangan.

Lalu bagaimana dengan kebiasaan mencuci pakaian? Apakah Anda harus mencuci pakaian yang dipakai bekerja setiap hari? Menurut para ahli, melansir Womantalk, risiko penularan COVID-19 terbesar adalah berasal dari kontak langsung dengan penderita dan tetesan droplet. Ada beberapa teori bahwa Anda dapat terinfeksi melalui pakaian, tetapi itu kecil terjadi dan dapat diminimalkan.

Virus corona dapat bertahan pada beberapa permukaan, termasuk hingga 24 jam di atas kardus dan tiga hari pada plastik dan stainless steel. Itu berarti, risikonya cukup tinggi jika Anda menggunakan kendaraan umum karena harus duduk atau bersentuhan dengan permukaan kursi atau pegangan tangan.

“Jika Anda pergi ke sebuah lingkungan dan banyak bersentuhan dengan permukaan benda, kemungkinan besar pakaian Anda bisa terkontaminasi,” kata Megan Culler Freeman, seorang peneliti penyakit menular di UPMC Children’s Hospital of Pittsburgh.

Jadi, Freeman merekomendasikan Anda untuk segera mencucinya setiba di rumah. Sementara jika Anda memakai kendaraan pribadi, bukan berarti Anda bebas dari risiko penularan COVID-19. Selama di kantor, meski sudah menjaga jarak dengan rekan kerja, tentu Anda juga melakukan kontak dengan berbagai permukaan seperti meja dan kursi. Jadi, pilihan terbaik memang segera mencuci baju Anda setelah tiba di rumah.

Disarankan untuk memilih bahan pakaian yang ringan dan mudah dicuci seperti katun dan polyester agar tak terlalu repot mencucinya. Sementara itu, hindari dulu pakaian dari bahan wol yang berat. ** Baca juga: Pakai Sarung Tangan Saat Belanja Hanya Beri ‘Rasa Aman Palsu’ dari Penularan COVID-19?

Satu kunci penting yang harus selalu Anda terapkan dalam new normal ini adalah segera mencuci tangan dengan sabun selama minimal 20 detik begitu tiba di rumah.(ilj/bbs)

Berita Terbaru