oleh

Neo Mustaqbal, ‘Masa Depan’ Arab Saudi Saat Sumber Minyak Habis

Kabar6-Neo Mustaqbal adalah perwujudan dari megaproyek Neom City yang pembangunannya sebagian dibiayai oleh saham Aramco. Dari sanalah, pemerintah Arab Saudi bisa mendapat dana sebesar Rp4.200 triliun, untuk menyangga biaya pembangunan kota tersebut.

Di bawah komando Pangeran Mahkota Mohammad Bin Salman, melansir Boombastis, Neom City memiliki nilai Rp6.999,9 triliun. Megaproyek ini sendiri ditargetkan selesai pada 2025 mendatang. Sesuai namanya, Neo Mustaqbal (Neom) atau masa depan baru, digadang-gadang sebagai kota yang merupakan salah satu sumber pemasukan bagi negara, jika suatu saat nanti minyak Arab Saudi telah habis.

Disebutkan, keberadaan megaproyek ini merupakan bentuk peralihan Arab Saudi yang tadinya dikenal berorientasi pada minyak, menjadi negara penuh teknologi. Pembangunan proyek sekelas Neom jelas bukan rencana biasa.

Hal yang unik, nantinya kota masa depan itu akan 100 persen energi hijau seperti tenaga matahari dan angin, taksi terbang, hingga mempekerjakan robot sebagai asisten. Bahkan, pantainya nanti akan dikemas layaknya ‘surga dunia’, dengan daya tarik wisata yang atraktif dan modern.

Kecanggihan kota meliputi energi terbarukan, teknologi air paling canggih di padang pasir, bioteknologi, manufaktur, media, teknologi digital, makanan, wisata, olahraga, pendidikan, kesehatan, hiburan dan budaya, serta jasa. ** Baca juga: Kancil Langka yang Hilang 30 Tahun Lalu, Ditemukan Kembali di Vietnam

Neom dibangun dengan biaya super mahal, hingga kelak bisa menyangga perekonomian negara, sebagai upaya mendapatkan pemasukan negara dari sektor selain minyak. Dan sesuai visi 2030, Arab Saudi secara perlahan akan mengubah wajahnya dengan beragam kejutan di masa depan.

Wow!(ilj/bbs)

Berita Terbaru