oleh

Nenek Paryamah Sebut Seumur Hidup Tidak Pernah Terima Bansos

Kabar6-Paryamah, 80 tahun, warga Kampung Leweung Gede RT 004/005 Desa Parahu Kecamatan Sukamulya, Kabupaten Tangerang, tak pernah menikmati bantuan sosial atau bansos yang selama ini digaungkan pemerintah. Ia diduga tak tercantum dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

“Belum dapet. Saya juga tidak tahu kalau ada jenis bantuan seperti itu, untuk masyarakat,” katanya, Senin (20/4/2020).

Ia terangkan, selama hidupnya tak pernah mendaparkan bantuan dari pemerintah. Seperti halnya Program Keluarga Harapan (PKH) maupun Bantuan Pangam Non Tuna (BNPT).

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Kecamatan Sukamulya, Retno Juarno mengatakan, dirinya merasa sangat prihatin melihat kondisi nenek Paryamah. Padahal ia warga yang tergolong tidak mampu dan sangat layak untuk mendapatkan bansos kesejahteraan dari pemerintah.

“Akan tetapi kondisi ini terbalik, karena banyak warga yang mampu mendapatkan bantuan seperti PKH dan BNPT,” jelas Retno. Menurutnya, nenek Paryamah ini, merupakan warga asli Desa Perahu.

Bahkan nenek Paryamah memiliki identitas lengkap seperti e-KTP. “Melihat kondisi masyarakat yang tidak tersentuh bantuan, sangat prihatin. Yang kaya semakin kaya dan yang miskin semakin tertindas,” ujarnya.

**Baca juga: Warga Gunung Kaler Diajak Patuhi PSBB dengan Pakai Masker.

Menurut Retno, nenek Paryamah ini tinggal seorang diri di rumahnya, dan hanya bertahan hidup dari sumbangan masyarakat sekitar saja. Dia merasa tidak mengerti tentang mekanisme pendataan PKH dan BPNT.

Banyak warga miskin di Kecamatan Sukamulya yang tidak mendapat bantuan sosial teraebut.(Vee)

Berita Terbaru