oleh

NASA Temukan ‘Planet 55 Cancri e’ yang Permukaannya Panas Seperti ‘Neraka’

Kabar6-Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (National Aeronautics and Space Administration atau NASA) mengumumkan telah berhasil menemukan planet dengan kondisi permukaannya yang mirip seperti ‘neraka’.

Planet yang dinamakan 55 Cancri e ini, melansir Wionews, berjarak 50 tahun cahaya dan mengorbit begitu dekat dengan bintang yang mirip Matahari. Permukaan planet tadi sangat panas layaknya penggambaran neraka sebuah dimensi dalam kondisi terbakar yang konstan. Sebelumnya, NASA telah melakukan pengamatan dengan Teleskop Luar Angkasa Spitzer. Namun, pandangan awal dari teleskop ini kurang optimal karena tidak menunjukkan fenomena yang terjadi di planet 55 Cancri e.

Karena itulah, beberapa pekan mendatang NASA tengah bersiap untuk mempelajari kondisi planet yang serupa dengan neraka itu menggunakan Teleskop Luar Angkasa James Webb. Berdasarkan pantauan NASA, planet 55 Cancri e berjarak kurang dari 1,5 juta mil dari bintangnya, setara dengan 1/25 jarak Merkurius dari Matahari.

“Dengan suhu permukaan jauh di atas titik leleh, sisi siang hari planet ini diperkirakan tertutup lautan lava,” demikian laporan NASA.

Para ilmuwan menyebut, tidak ada planet di Tata Surya yang sejauh ini diketahui memiliki karakteristik seperti 55 Cancri e, di mana karena terlalu dekat dengan bintangnya lautan bisa mendidih, bahkan batu dapat mencair.

Ditambahkan NASA, “Teleskop Luar Angkasa James Webb diharapkan akan beroperasi penuh dalam beberapa pekan, dan pengamatan pertamanya direncanakan sampai musim panas.”

Tim ilmuwan menyebut, Teleskop Luar Angkasa James Webb mampu mendeteksi keberadaan atmosfer di planet 55 Cancri e. Dalam misi di tahun pertamanya, teleskop bertugas untuk mempelajari planet 55 Cancri e dan planet LHS 3844 b, guna memahami evolusi planet berbatu seperti Bumi.(ilj/bbs)