oleh

Napi Rutan Jambe Derita Scabies

Kabar6-Ratusan narapidana di Rumah Tahanan (Rutan) Klas 1 Tangerang, di Desa Taban, Kecamatan Jambe, Kabupaten Tangerang, mendapatkan pengobatan gratis.

Event pengobatan gratis tersebut digagas pihak Turan bekerjasama dengan Yayasan Terang dan Garam, Rabu (10/9/2014).

Umumnya, para narapidana yang ikut dalam program pengobatan gratis itu menderita penyakit ringan, seperti penyakit kulit (scabies) yang disebabkan oleh kutu, demam, sakit kepala dan tubuh lesu.

“Ada empat ratus narapidana yang ikut dalam program pengobatan gratis itu. Umumnya, narapidana menderita penyakit ringan, namun bila dibiarkan bisa berbahaya, ” ungkap Kepala Rutan Klas 1 Tangerang, Mulyadi.

Mulyadi menjelaskan, pada tahun 2013 lalu, Lembaga Pemasyarakatan dan Rutan mendapatkan kucuran anggaran untuk kesehatan narapidana dari Kementrian Hukum dan HAM. Namun, anggaran itu dirampingkan pada tahun 2014, karena Pilpres. **Baca juga: Lagi, Tahanan Narkoba Kabur Ditangkap Polda Banten.

Sedangkan Program Jamkesmas yang kini berganti menjadi BPJS juga menjadi dilema. Pasalnya, BPJS mewajibkan penggunanya membayarkan premi untuk dapat menikmati pengobatan gratis. Namun, karena ketiadaan anggaran mengharuskan pihak Rutan putar otak hingga bekerjasama dengan yayasan kesehatan.(agm)

Berita Terbaru