oleh

Napi LP Cipinang Otaki Penyelundupan Sabu Lewat Bandara Soetta

Sindikat narkoba diamankan Bea Cukai Soetta.(tia)

Kabar6-Petugas gabungan dari Bea Cukai Soekarno-Hatta (Soetta) dan Polres Bandara Soetta, membongkar sindikat narkotika internasional yang diotaki oleh narapidana Lembaga Pemasyarakatan (LP) Cipinang.

Dalam kasus tersebut, petugas meringkus 10 orang, serta barang bukti narkoba jenis sabu seberat 441 gram yang disembunyikan dalam laptop.

Kepala Kantor Bea Cukai Soetta, Erwin Situmorang, Kamis (12/1/2017) mengatakan, terbongkarnya aksi sindikat itu bermula dari tertangkapnya seorang kurir sabu yang baru tiba dari Kuala Lumpur, Malaysia pada Minggu (1/1/2017).

Pelaku yang diketahui berinisial NY tersebut, diamankan saat tiba di Bandara Soetta, setelah petugas mengendus adanya narkoba pada barang bawaan pelaku.

“Setelah meringkus NY, kami kemudian kembali meringkus dua pelaku lainnya, PP dan FJ, yang ternyata sudah menunggu di Bandara,” ujar Erwin.

Dari hasil pemeriksaan terungkap, bila ternyata sabu yang dibawa NY merupakan pesanan dari DW, napi LP Cipinang, untuk kemudian dikirim kepada S, adik DW yang menunggu di Pasar Induk Kramat Jati.

“Kami kemudian meringkus S di Pasar Induk Kramat Jati. Dari hasil penyelidikan, ternyata sabu itu sedianya akan dibawa ke sebuah rumah kontrakan yang masih berada dikawasan Kramat Jati, untuk dikemas ulang,” ujarnya.

Dari rumah kontrakan di Kramat Jati, petugas kembali meringkus dua pelaku lainnya, FH dan E, yang sudah standby menunggu sabu yang sedianya akan dibawa S untuk dikemas ulang.**Baca juga: Di Kota Tangerang, Cabai Rawit Masih Rp120 Ribu.

Belakangan terkuak, bila sedianya sabu itu diambil NY dari K, seorang kurir yang merupakan kaki tangan MR, bandar narkotika jaringan internasional yang bercokol di Kuala Lumpur.**Baca juga: Mensos Luncurkan Layanan E-Warong di Kota Tangerang.

“Para pelaku akan dijerat pelanggaran UU 35/2009 tentang narkotika dengan ancaman hukuman 20 tahun penjara dan pidana denda Rp10 miliar,” pungkasnya.(tia)

Berita Terbaru