oleh

Naik Pesawat, Ini Posisi yang Diklaim Paling Aman Hindari Penularan COVID-19

Kabar6-Selama pandemi COVID-19 ini Anda memang diharuskan berada di rumah saja, apabila tidak ada kebutuhan yang sangat mendesak. Nah, bagaimana apabila Anda harus pergi ke luar kota dengan naik pesawat karena tugas yang mendesak, apa yang harus dilakukan?

Berdasarkan penelitian baru dari Emory University, posisi teraman untuk duduk di pesawat terbang saat pandemi COVID-19 adalah kursi dekat jendela.

Sebuah studi yang dilakukan tim penelitian FlyHealthy, melansir Womantalk, mengamati perilaku penumpang dan awak pesawat pada 10 penerbangan AS yang berdurasi 3-5 jam. Didapati, mereka yang duduk di jendela memiliki lebih sedikit kontak dengan orang yang berpotensi terinfeksi. Penyakit pernapasan seperti COVID-19, umumnya menyebar melalui seseorang yang melakukan kontak dengan air liur atau lendir orang yang terinfeksi.

Tetesan dari bersin atau batuk dapat mendarat di permukaan, seperti meja nampan atau sandaran tangan sehingga berpotensi menginfeksi penumpang terdekat.

Namun, mereka yang duduk di kursi dekat jendela memiliki interaksi yang lebih sedikit dengan penumpang lain. Sementara mereka yang duduk di kursi lorong lebih mungkin bersentuhan dengan penumpang yang bergerak di sekitar kabin untuk menggunakan toilet, atau dengan anggota kru maskapai dengan rata-rata 64 kontak, dibandingkan dengan kursi dekat jendela yang hanya 12 kontak.

Sebuah studi pada 2018 juga menunjukkan, sebagian besar penumpang bangun dari tempat duduk mereka di beberapa titik selama penerbangan. ** Baca juga: Tulang Sehat dan Daya Tahan Tubuh Kuat dengan Konsumsi Makanan Kaya Vitamin D

Mereka yang duduk di kursi dekat jendela cenderung bergerak dari kursi mereka sebanyak 43 persen. Hal ini berlawanan dengan 80 persen dari mereka duduk di kursi lorong.

Meskipun demikian, tentu saja Anda juga tetap harus melakukan rekomendasi WHO untuk tidak terinfeksi virus ini seperti mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, atau menggunakan pembersih tangan setelah menyentuh permukaan.

Anda juga harus menghindari menyentuh wajah, mata, atau mulut.(ilj/bbs)

Berita Terbaru