oleh

Nah! Pria Habiskan 52 Menit per Hari untuk Bergosip

Kabar6-Gosip atau bergunjing adalah sebuah obrolan atau rumor kosong, yang biasanya berkaitan tentang urusan pribadi atau orang lain. Kegiatan yang satu ini memang selalu identik dengan wanita.

Ya, wanita seringkali disebut sebagai makhluk yang gemar bergosip. Namun siapa sangka, sebuah penelitian yang dilakukan oleh UC Riverside di University of California mengungkapkan bahwa pria juga suka bergosip, lho.

Penelitian yang dilakukan ini, melansir Detik, melibatkan 467 orang secara acak dari usia 18-58 tahun dan diberi alat perekam suara. Hasilnya, di antaranya 269 wanita dan 198 pria ternyata tercatat ada 4.003 gosip selama dua sampai lima hari. Artinya, mereka menghabiskan waktu rata-rata 52 menit dalam sehari untuk bergosip.

“Ada kelangkaan informasi yang mengejutkan tentang siapa yang bergosip dan bagaimana, memberikan perhatian dan pendapat publik tentang masalah ini,” kata Megan Robbins, asisten profesor psikologi sekaligus pimpinan penelitian tersebut.

Meskipun saat bergosip wanita tercatat menghabiskan waktu sedikit lebih lama ketimbang pria, nyatanya catatan waktu antara pria dan wanita tidak jauh berbeda. Hal yang mengejutkan, peneliti mengungkapkan bahwa percakapan gosip dari responden dikategorikan netral, yang berarti mereka berbagi informasi dan bukan membuat pernyataan atau penilaian negatif.

Diketahui, penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa cara kita melihat dan bagaimana otak memandang wajah secara visual sebenarnya berubah sesuai dengan gosip yang kita dengar.

Dan, hal itu memiliki efek perlindungan, memberikan informasi tentang siapa yang dapat dipercaya dan siapa yang mungkin membahayakan kita.

Dengan kata lain, manusia diprogram secara biologis untuk merespons dan menggunakan gosip. ** Baca juga: Pola Makan yang Tepat Tingkatkan Daya Ingat

Bagaimana dengan Anda, Guys? (ilj/bbs)

ID:2659 Responsif

Berita Terbaru