Home / Aneka Berita / Sehat / Musim Penghujan, Ada 5 Penyakit yang Sering Mengintai
Ilustrasi/bbs

Musim Penghujan, Ada 5 Penyakit yang Sering Mengintai

Kabar6-Setiap musim penghujan, selain sebagian daerah dilanda banjir atau tanah longsor, hal yang sepertinya sudah menjadi ‘langganan’ adalah munculnya beberapa penyakit.

Tidak hanya ebatas demam atau pilek, melansir Femalesia, terdapat beberapa penyakit yang sering menyerang di musim hujan. Apa sajakah itu?

1. Malaria
Penyebabnya karena genangan air yang terbentuk di berbagai daerah usai hujan. Genangan ini dapat berubah menjadi tempat berkembang biak yang efektif untuk nyamuk. Malaria disebarkan oleh nyamuk Anopheles melalui gigitan.

Gejala penyakit ini meliputi demam, menggigil yang tidak terkontrol, rasa sakit yang ekstrem di dalam tubuh, dan kelemahan otot. Bila tidak diatasi, gejala-gejala itu dapat bertambah buruk.

2. Kolera
Penyakit ini dapat berakibat fatal bila dibiarkan. Penyebab kolera adalah jenis bakteri tertentu yang biasanya tumbuh subur di air kotor atau terkontaminasi. Makanan yang disiapkan menggunakan air tersebut juga berpotensi menyebarkan penyakit. Sama halnya dengan lingkungan yang tidak higienis. Gejala dari penyakit kolera antara lain diare, tinja berair, dehidrasi sangat tinggi, kram otot, dan muntah.

3. Tifoid
Penyebabnya sama dengan kolera yaitu air yang terkontaminasi, makanan yang tidak higienis, dan lingkungan tidak bersih. Bakteri Styptik adalah penyebab utama tifoid dan mudah berkembang biak di lingkungan kotor. Gejala dari penyakit ini meliputi demam, nyeri perut, dan sakit kepala yang parah.

4. Demam
Sebagian besar penyebabnya terjadi karena infeksi virus. Strain yang menyebabkan penyakit ini bisa menjadi salah satu di antara banyak dan biasanya terdapat di udara. Virus ini sering menyerang di saat cuaca mengalami fluktuasi. Gejala demam adalah bersin berulang, demam intens, kelemahan, dan sakit tenggorokan .

5. Gastroenteritis
Perut menanggung beban terburuk dari berbagai penyakit di musim hujan. Oleh karenanya tidak menutup kemungkinan perut menjadi bermasalah atau dikenal dengan istilah gastroenteritis.

Penyebab lainnya adalah virus dan bakteri yang ditemukan di air, makanan, atau bahkan permukaan yang terkontaminasi. Gejalanya seperti muntah berat disertai dengan diare konstan. Bisa pula terjadi iritasi, peradangan, dan kram usus yang menyebabkan rasa sakit. ** Baca juga: Bantu Otak Bekerja Lebih Baik dengan Lakukan 5 Cara Mudah Sebelum Tidur

Yuk, lebih menjaga kebersihan selama musim penghujan agar terhindar dari penyakit tadi.(ilj/bbs)

Check Also

Benarkah Cukup Minum Bikin Badan Langsing?

Kabar6-Sejumlah ahli bahkan berpendapat, konsumsi air putih dalam jumlah memadai dapat membantu seseorang yang sedang ...