oleh

Mulai Sekarang Jauhi 7 Kebiasaan yang Buruk Bagi Kulit Wajah

Kabar6-Memiliki kulit wajah sehat tidak hanya tergantung pada perawatan luar, tapi juga pada apa yang masuk ke dalam tubuh. Faktor lain untuk mendapatkan kulit wajah sehat juga tergantung pada pola makan dan diet sehat seimbang.

Selain itu, Anda pun disarankan untuk segera meninggalkan kebiasaan tidak sehat yang berefek buruk bagi kulit wajah. Dilansir Effectamedia, ini dia tujuh kebiasaan yanag dimaksud:

1. Konsumsi makanan dengan kandungan gula berlebih
Tidak hanya menggemukkan, kebiasaan ini juga membuat kulit mengalami kerusakan kolagen, elastisitas berkurang dan keriput.

2. Konsumsi alkohol lebih dari yang dianjurkan
Mengonsumsi segelas anggur sesuai aturan kesehatan bisa menjadi kebiasaan sehat bila benar-benar diterapkan. Namun jika dikonsumsi berlebihan, akan membuat fungsi hati terganggu hingga akhirnya mempengaruhi kesehatan kulit, antara lain membuat kulit menjadi pucat, keriput, memicu munculnya jerawat.

3. Sering lewatkan jam makan
Meski terkesan sepele, kebiasaan seperti ini bisa berdampak bagi kulit, karena tidak mendapatkan asupan nutrisi secara teratur. Belum lagi masalah seperti diabetes, tekanan darah tinggi dan obesitas.

4. Salah mengkonsumsi makanan diet harian
Makanan yang lezat dan menyehatkan bisa juga menjadi bumerang bagi kesehatan kulit bila dikonsumsi secara berlebihan. Pada akhirnya muncul banyak masalah kulit pada wajah terutama jerawat. Apa saja makanan sehat yang dimaksud?

a. Makanan laut, karena kandungan yodiumnya yang tinggi
b. Roti dan pasta, karena mengandung pati
c. Susu dan produk sejenis yang dapat merangsang produksi minyak berlebih bila salah dalam mengkonsumsi

5. Makanan dengan kandungan garam berlebih
Meskipun dibutuhkan, Anda pun harus mengontrol asupan garam dalam tubuh. Asupan garam berlebih bisa memicu peningkatan sekresi air empedu, akibatnya sel-sel kulit rusak dan elasitisnya menjadi berkurang.

6. Mengkonsumsi makanan yang digoreng secara berlebihan
Di balik lezatnya gorengan ternyata menyimpan dampak buruk bagi kesehatan dan kecantikan kulit.

Secara umum dampak negatif gorengan bagi kulit bila dikonsumsi secara berlebihan adalah kulit berjerawat, kulit kusam berminyak, mudah keriput, munculnya garis-garis halus, berkurangnya elasitisas kulit. ** Baca juga: Makanan Kaya Vitamin D Selain Sinar Matahari

Yuk, mulai atur konsumsi makanan agar tidak berlebihan dan tinggalkan kebiasaan makan yang buruk agar kulit tetap sehat.(ilj/bbs)

Berita Terbaru