oleh

Mulai Sekarang Jangan Buang Sampah Sembarangan

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Pada sebagian orang, membuang sampah sembarangan sudah menjadi suatu kebiasaan. Padahal selain merusak pemandangan, kebiasaan buang sampah sembarangan dapat menimbulkan munculnya berbagai penyakit.

Jika kebiasaan ini dilakukan dalam jangka panjang, akan berdampak buruk yaitu dapat menurunkan kualitas hidup manusia.

Sampah bisa menjadi tempat berkembangbiaknya kuman penyebab penyakit. Dikutip dari alodokter.com, bau sampah yang menyengat pun turut menyebabkan penyakit.

Ada dua cara penularan penyakit akibat buang sampah sembarangan
1. Cara langsung, misalnya seseorang yang bersentuhan langsung dengan sampah yang mengandung kuman, lalu kuman tersebut masuk ke dalam tubuh melalui mulut.

Contoh lain, seseorang yang bersentuhan dengan kaleng yang sudah berkarat dan terluka akibat kaleng tersebut. Ada kemungkinan bakteri tetanus yang ada pada kaleng berkarat tersebut bisa menginfeksi tubuh.

2. Cara tidak langsung, misalnya sampah-sampah tersebut menjadi tempat sarang berkembangbiaknya hewan kotor seperti nyamuk, kecoak, lalat, dan tikus. Hewan-hewan tersebut dapat menjadi perantara antara kuman penyakit dan manusia.

Kebiasaan membuang sampah sembarangan juga dapat memunculkan berbagai penyakit, yaitu
1. Infeksi cacing
Risiko terbesar ketika Anda mengalami infeksi ini adalah kehilangan zat besi sehingga dapat menderita anemia. Selain itu juga menderita kekurangan protein di dalam usus. Pada ibu hamil, infeksi cacing tambang dapat menyebabkan janin dengan pertumbuhan terbelakang, bayi lahir dengan berat badan rendah, dan bayi lahir prematur.

2. Infeksi cacing gelang
Anak-anak yang terinfeksi cacing gelang Ascaris lumbricoides dapat terhambat pertumbuhan berat badan yang ideal, kesulitan berkonsentrasi, dan malanutrisi.

3. Infeksi bakteri
Dapat menyebabkan setidaknya tiga penyakit utama yang perlu diwaspadai, yaitu tetanus, salmonellosis, dan shigellosis.

Tetanus, disebabkan oleh bakteri yang ada di tanah, debu, dan kotoran. Bakteri tersebut masuk ke tubuh melalui luka di kulit atau dari tusukan benda yang mengandung bakteri tersebut. Setelah itu bakteri akan menghasilkan racun yang berdampak pada kontraksi otot.

Sementara seseorang yang terinfeksi bakteri salmonella biasanya mengalami kram perut, muntah, demam, dan diare. Sedangkan Shigellosis adlah bakteri yang menyebabkan diare terutama pada anak-anak.

4. Infeksi parasit & bakteri
Hepatitis A, menyerang organ hati manusia. Penyakit ini dapat menyebar melalui makanan, minuman, atau air yang terkontaminasi kotoran yang telah terinfeksi virus.

Gastroenteritis, yaitu peradangan yang terjadi pada saluran pencernaan disertai gangguan pada lambung dan usus halus. Peradangan ini menyebabkan terjadinya sakit perut, diare, dan muntah. ** Baca juga: Ternyata Marah Itu Menyehatkan

Yuk, buang sampah pada tempatnya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru