oleh

Mudik Nyaman dengan Camilan Sehat

Kabar6-Sebagian besar pemudik akan menempuh perjalanan jauh hingga berjam-jam, entah menggunakan mobil pribadi atau sarana angkutan darat lainnya. Karena itulah, Anda disarankan untuk membawa makanan kecil atau camilan, agar perut tidak lapar, terlebih bila Anda berkendaraan pada malam hari usai buka puasa.

Namun tentu saja makanan kecil yang dibawa tidak asal pilih, agar stamina terjaga sepanjang perjalanan. Melansir beberapa sumber, berikut makanan atau minuman yang sebaiknya dibawa saat mudik sebagai camilan:

1. Salad sayur/buah
Untuk salad sayur, Anda bisa membawa selada, tomat cherry, timun, dan kacang edamame. Anda bisa menambahkan mayones atau olive oil sebagai salad dressing. Hindari menggunakan saus yang pedas atau mengandung kacang, agar perut Anda tidak cepat sakit. Untuk salad buah, pilihlah melon, semangka, dan strawberry. Selalu bawa coolbox di dalam mobil agar salad tetap segar.

2. Crakers whole gain
Makanan ini akan membantu Anda menahan lapar dan kaya akan serat serta nutrisi yang baik untuk tubuh.

3. Roti gandum
Anda dapat mengisi roti gandum dengan keju, daging asap, dan sayuran. Menu ini dapat menjadi makanan saat sahur atau buka puasa.

4. Kacang-kacangan
Biar tidak mengantuk ketika berkendaraan, sediakan kacang-kacangan di dalam mobil. Selain sehat, camilan ini cukup mudah dimakan. Anda bisa memilih kacang mete, almond, atau kacang tanah sangrai.

5. Air jahe
Selain harus selalu membawa air minum yang banyak, Anda bisa melengkapi perjalanan dengan air jahe. Minuman hangat ini bisa membuat tubuh hangat dan menghilangkan rasa mual saat perjalanan. Anda bisa membawanya dengan tumbler atau termos agar tetap hangat. Jangan lupa tambahkan gula atau madu pada air jahe agar rasanya lebih enak.

Hindari membawa minuman bersoda dan makanan asin karena hanya akan menambah dehidrasi dan bisa membuat Anda ingin ke toilet terus.(ilj/bbs)

Berita Terbaru