oleh

Mudik Malam Hari, Tarif Penyeberangan di Merak Naik 100 Persen

Kabar6-Tarif penyeberangan malam hari di Pelabuhan Merak dipastikan lebih mahal 100 persen atau dua kali lipat dibandingkan dari tarif yang kini diberlakukan.

Kebijakan ini sengaja diberlakukan untuk memecah kepadatan penumpang pada malam hari saat terjadinya puncak arus mudik Lebaran 2015.

Direktur Utama PT ASD Indonesia Ferry, Danang S Baskoro mengatakan, pemberlakuan tarif khusus malam dimulai pada H-4 hingga H+1 Lebaran 2015.
Penerapan dua tarif pada siang dan malam ini juga menjadi salah satu antisipasi penumpukan para pemudik yang terjadi di pelabuhan.

“Pengguna jasa tidak nyaman (siang-red), karena semua orang berpikiran sama, pulang malam hari. Karena malam lebih dingin, dan mereka puasa,” kata Danang.

Menurut Danang, penerapan dua tarif penyeberangan ini juga secara tidak langsung telah mengedukasi masyarakat untuk membuat rencana terlebih dahulu sebelum melakukan mudik Lebaran.

Humas PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak, Mario Sardadi Oetomo mengatakan, pihaknya belum menerima petunjuk teknis mengenai penerapan dua tarif pada siang dan malam hari tersebut. **Baca juga: Sopir Truk Jawa-Sumatera Keluhkan Larangan Melintas Saat Lebaran.

“Kami belum mengetahui teknis penerapan dua tarif ini. Besok (hari ini-red) baru akan dirapatkan dengan direksi,” kata Mario.(tmn/din)

Berita Terbaru