oleh

Mudik Gratis, Begini Harapan Warga Urban di Tangsel

Kabar6-Program mudik gratis yang digelar Kementerian Perhubungan di sejumlah daerah mitra ibukota mendapatkan respon positif dari warga sekitar.

Loket pendaftaran mudik gratis tersebar di lima titik wilayah, termasuk di Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

Ruslan (27), warga urban yang bermukim di Ciputat mengatakan, dirinya baru pertama kali mencoba ikut program mudik gratis.

Program yang tujuannya untuk mengurangi angka kemacetan dan kecelakaan ini mengusung semboyan “solusi mudik cerdas motornya naik truk, orangnya naik bus”.

“Mudah-mudahan teori dan prakternya dapat berjalan baik dan lancar antara sepeda motor dan penumpang sesuai,” ungkapnya kepada wartawan ditemui di kantor Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Tangsel di Serpong, Rabu (24/6/2015).

Ruslan mengaku akan mudik bersama istri ke kampung halamannya di Yogyakarta. Jadwal keberangkatannya yakni H-3 Lebaran.

Pada hari itu ia harus menuju Kemayoran, Jakarta Pusat untuk naik bus, sedangkan sepeda motornya diangkut menggunakan truk.

Pengambilan motor pemudik nanti dapat dicari di kota tujuan masing-masing penumpang. Sehingga sepeda motor bisa digunakan oleh pemudik saat berada di kampung halamannya.

Ruslan menegaskan, keinginan untuk ikut program mudik gratis karena dapat menghemat pengeluaran uang lebaran. Mahalnya tarif angkutan umum menjadi pemicu dirinya harus berpikir ulang.

“Belum lagi di kampung banyak ponakan setidaknya harus berbagi,” terangnya. Berdasarkan pengalaman dari mudik pada tahun sebelumnya, ia harus merogoh kocek Rp 350 ribu per orang untuk ongkos naik bus. **Baca juga: Kuota Peserta Mudik Gratis Lebaran 7.360 Orang.

Ruslan menambahkan, dirinya tak dapat mengikuti arus balik ke Kota Tangsel karena kuota yang tersedia telah habis. “Nantilah dipikirkan saat dikampung nanti,” tambahnya.(yud)

Berita Terbaru