oleh

Mudah Lelah Bisa Jadi Disebabkan Karena Gaya Hidup

Kabar6-Lelah adalah kondisi tubuh akibat perubahan fisik atau psikologis, berkurangnya kekuatan badan dan atau mental, menurunnya kemampuan kerja dengan segala akibatnya.

Kondisi lelah ditandai dengan tidak adanya energi atau motivasi untuk beraktivitas. Jika Anda termasuk yang mudah lelah, penyebabnya bisa dari faktor gaya hidup, kondisi medis atau adanya penyakit, hingga masalah kesehatan mental.

Tanpa disadari, melansir tempo.co, banyak hal yang sudah menjadi kebiasaan sehari-hari, namun justru menjadi penyebab kita mudah lelah. Faktor-faktor yang termasuk dalam gaya hidup ini antara lain terlalu banyak atau kurang olahraga, kurang tidur, pola makan tidak sehat, kegemukan, serta konsumsi kafein atau alkohol yang berlebihan.

Untuk mengatasi mudah lelah serta meningkatkan energi karena gaya hidup, Anda dapat melakukan langkah-langkah mudah seperti berolahraga secara rutin, istirahat cukup, tidur cukup untuk orang dewasa berusia 18-64 tahun dianjurkan untuk tidur selama 7-9 jam per harinya.

Selain itu, mengatur pola makan dengan nutrisi seimbang, minum cukup cairan supaya tidak mengalami dehidrasi, batasi konsumsi kafein serta alkohol, jangan merokok, dan luangkan waktu untuk rekreasi atau melakukan kegiatan rileksasi. ** Baca juga: 5 Makanan yang Bantu Lindungi Kulit dari Efek Buruk Sinar Matahari

Ubah gaya hidup menjadi lebih sehat.(ilj/bbs)

Berita Terbaru