oleh

MTQ ke-51 Kabupaten Tangerang, 8 Regu Bersaing Ketat di Musabaqah Fahmil Qur’an

Kabar6-Sejumlah cabang perlombaan digelar di beberapa arena di hari ke empat pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-51 Tingkat Kabupaten Tangerang. Salah satunya adalah lomba Musabaqah Fahmil Qur’an (MFQ) yang diadakan pada arena IX, bertempat di Madrasah Aliyah Negeri 1 Tangerang, Kecamatan Tigaraksa, Kabupaten Tangerang.

Dalam pelaksanaannya, panitia lomba terlihat mengambil peran berdasarkan tugasnya demi menyukseskan berjalannya acara perlombaan. Selain itu, para pendamping peserta juga terlihat terus memotivasi pesertanya untuk memberikan hasil yang terbaik guna mengharumkan nama kecamatan masing-masing.

“MFQ ini adalah jenis lomba pemahaman atau pendalaman Al-Qur’an, dengan penekanan pada pengungkapan ilmu Al-Qur’an dan pemahaman kandungan ayat dalam bentuk cerdas cermat. Untuk lomba ini beregu (satu tim terdiri dari tiga orang), dan salah satu orang dari regu tersebut sebagai juru bicara,” ucap Ketua Dewan Hakim MFQ, Dr. H Masduki, Jumat (24/9).

Untuk pemahaman yang di lombakan yakni, berkaitan dengan pendidikan agama Islam yang meliputi aqidah, syariah, akhlak, ulumul Qur’an, bahasa Arab, Inggris dan Indonesia dalam menerjemahkan Al-Qur’an, Hadist, dan lain-lain sebagainya.

Untuk peserta lomba MFQ ini terdapat 8 regu dari 8 kecamatan yang ada di Kabupaten Tangerang.

“Para peserta dalam lomba ini berusia SMA kebawah, dan untuk penilaian kita menggunakan komputer yang terkoneksi langsung ke server. Sehingga nilai tersebut nantinya langsung terinput ke server,” lanjutnya.

Ia berharap, dengan diadakannya lomba tersebut para peserta dapat menerapkan segala nilai moral, serta pemahaman tentang Agama Islam dengan mengamalkan syariat dengan baik dan benar.

**Baca juga: Covid Landai, Kajari Nova Tetap Terapkan Prokes Ketat

“Jadi, Ini bukan hanya sebatas menjadi juara, tapi MTQ adalah kekuatan untuk mewujudkan masyarakat qurani, membangun masyarakat yang menjadikan Al-Quran sebagai pandangan hidup dengan mengamalkan syariat dengan baik dan benar,” pungkasnya.(Vee)

Berita Terbaru