Mood Wanita Berubah Saat Haid, Ini Penyebabnya

Ilustrasi/bbs

Kabar6-Haid adalah proses keluarnya darah dari dalam rahim yang terjadi karena luruhnya lapisan dinding rahim bagian dalam yang banyak mengandung pembuluh darah dan sel telur yang tidak dibuahi. Haid pasti akan terjadi pada semua wanita yang normal. Satu siklus terdiri dari hari pertama haid sampai awal siklus berikutnya. Setiap siklus kira-kira terdiri dari 28 hari.

Meskipun demikian, siklus ini berbeda pada setiap wanita. Namun yang pasti, wanita mengalami mood atau suasana perasaan berbeda saat sedang haid. Kaum hawa akan mengalami gejala antara lain kram, kehilangan nafsu makan, hingga migrain. Ini inilah, dilansir The Health Site, yang menjadi beberapa penyebab mood berubah. Saat haid mulai menunjukkan bahwa hormon bekerja bersamaan.

Haid membuat semua organ internal berfungsi dengan baik, tapi jika dengan rasa sakit yang tak tertahankan, membuat mood berubah. Selama haid, hormon reproduksi wanita estrogen dan progesteron mencapai titik terendah sepanjang waktu. Ini memulai lapisan rahim untuk ditumpahkan, yang terjadi sekira tiga sampai lima hari, waktu di mana Anda mengalami haid. ** Baca juga: Mengapa Wanita Lebih Rentan Terkena Anemia Ketimbang Pria?

Ketika produksi estrogen dan progesteron mereda hingga berhenti shedding dan lapisan rahim mulai menebal, pada saat itulah wanita cenderung sensitif. Apakah kondisi ini pula yang Anda rasakan, Ladies? (ilj/bbs)