oleh

Mood Mudah Berubah Bisa Jadi Merupakan Sinyal Penyakit

Kabar6-Seseorang yang mengalami sedikit perubahan rasa dari murung kemudian membaik, menurut Harvard Health Letter, masih dianggap sebagai kondis yang normal normal. Namun, bila seseorang mudah marah, sedih, acuh tak acuh secara terus menerus, kemungkinan hal ini merupakan pertanda kondisi yang serius.

“Suasana hati bisa mudah berubah tergantung seseorang dalam menanggapi tekanan hidup sehari-hari. Namun bila terjadi dalam waktu yang cukup lama maka akan menimbulkan penderitaan yang signifikan, mengganggu kehidupan sehari-hari, tidak dapat melakukan sesuatu dengan baik dan ini merupakan indikasi untuk mencari bantuan” kata Dr. Nancy Donovan, seorang dokter spesialis jiwa di Fakultas Kedokteran Harvard.

Mood dan stres diatur oleh sejumlah sistem yang mencakup struktur otak, jaringan saraf, dan neurotransmitter kimia. Apabila terjadi kerusakan pada sistem tersebut, melansir healthharvard, maka akan muncul perubahan suasana hati. Perubahan mood yang tiba-tiba dapat mencerminkan adanya gangguan kejiwaan. Kesedihan yang mendalam, mudah marah, mudah cemas, dan kehilangan minat terhadap sesuatu dan kehilangan kesenangan dapat menjadi tanda depresi.

Terkadang perubahan suasana hati yang mudah berubah dapat disebabkan oleh beberapa gangguan misalnya seperti penyakit tiroid dan demensia. “Di sebuah klinik neuropsikiatri ditemukan banyak pasien dengan demensia sering datang untuk mengatasi perubahan suasana hati seperti apatis, depresi, kecemasan dan perubahan perilaku lainnya”, jelas Dr. Donovan.

Suasana hati yang mudah berubah juga bisa disebabkan oleh gangguan tidur. Apabila seseorang mengalami masalah pada tidur dan sulit untuk tidur dengan nyenyak akan mudah mengalami iritabilitas dan kecemasan.

Selain itu, perubahan suasana hati yang tiba-tiba juga bisa disebabkan oleh efek samping pengobatan, misalnya obat prednison golongan steroid menyebabkan kegugupan atau perubahan suasana hati.

Jadi, apabila Anda sering mengalami perubahan perasaan yang mendadak dan sulit untuk menjelaskan suasana hati, maka hal ini tidak boleh diabaikan. “Jangan ragu untuk berbicara dengan dokter untuk mengetahui penyebab terjadinya perubahan suasana hati secara mendadak. Karena pengobatan yang efektif akan dapat menangani perubahan suasana hati yang mendadak dan penyebabnya langsung,” urai Dr. Donovan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru