oleh

Modernisasi Sistem Administrasi Pertanahan, DPPKAD Tangsel Gelar Sensus Objek PBB

Ilustrasi (bbs)

Kabar6-Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) dan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Tangerang Selatan menggelar sensus objek PBB dan pertanahan se-Kecamatan Ciputat, Kamis (14/4/2016).

Sensus ini, dalam rangka modernisasi sistem administrasi pertanahan di Tangsel. Nantinya, pemetaan kepemilikan tanah akan dilakukan berbasis IT untuk memastikan akurasi dan aktualitas kepemilikan tanah.

Asisten Daerah III Bidang Administrasi Umum Kota Tangsel, Nur selamet mengatakan, pemetaan ini memudahkan BPN untuk mengetahui data pertanahan di Tangsel. Selain itu, DPPKAD juga lebih mudah mengetahui aset-aset tanah milik Pemda.

“Data ini bukan hanya sekedar mengetahui masalah pertanahan saja, namun juga bisa menjadi acuan bagi Pemkot Tangsel untuk mengetahui data lain lain mengenai masyarakat, misalnya data masyarakat miskin,” katanya. **Baca juga: Rano Akui 10 SKPD di Banten Tidak Maksimal Serap Anggaran.

Ditempat yang sama, Kepala Seksi pengukuran BPN Tangsel, Sudarman Harja Saputra mengungkapkan, dalam sensus tersebut pihaknya tak hanya mendata tanah, melainkan juga mendata pemilik tanah. **Baca juga: Bupati Tangerang Berharap Kerjasama IUWASH Berlanjut.

“Dengan satu sentuhan saja, akan terbuka seluruh data pemilik tanah. Sehingga kedepan tidak ada lagi mm pemilik tanah yang menutupi aset tanahnya,” ujarnya.(cep)

Berita Terbaru