Mitos Kesehatan yang Belum Diketahui Kebenarannya

Ilustrasi/bbs

Kabar6-Banyak orang yang sudah menyadari pentingnya menjalankan gaya hidup sehat. Sayang, tidak sedikit juga yang masih mempercayai beberapa mitos tentang kesehatan yang belum diketahui kebenarannya. Dilansir health.id, ini dia beberapa mitos yang beredar dalam masyarakat:

1. Wanita hamil tidak boleh mengonsumsi ikan
Kenyataannya adalah para calon ibu tidak perlu khawatir untuk mengonsumsi ikan. Ikan bahkan dapat memberikan banyak manfaat, baik bagi ibu hamil maupun janin yang dikansungnya.
Penelitian dalam American Journal of Epidemiology menemukan bahwa mengonsumsi tiga hingga empat porsi ikan per minggu saat hamil dapat meningkatkan kecerdasan janin.

2. Bra kawat dapat menyebabkan kanker
Beberapa orang masih memercayai bahwa bra kawat dapat menghambat sistem limfatik payudara, hingga menyebabkan munculnya racun atau penumpukan radikal bebas. Berbagai penelitian membuktikan bahwa apapun jenis bra dan berapa lama Anda menggunakannya, tidak berhubungan dengan risiko kanker payudara.

3. Membunyikan jari dapat menyebabkan arthritis
Jika membunyikan jari tidak menyakitkan, itu artinya tidak berbahaya. Orang yang sering membunyikan jari, tidak lebih berisiko untuk mengalami arthritis, dibandingkan orang yang tidak memiliki kebiasaan tersebut.

4. Konsumsi kedelai pengaruhi kesuburan
Penelitian pada hewan memang menyebutkan bahwa konsumsi kedelai dapat memengaruhi kesuburan, tapi belum ada penelitian yang membuktikan hal tersebut terhadap manusia. Faktanya, wanita yang mendapatkan protein dari kedelai atau jenis tumbuhan lainnya, justru lebih sedikit yang mengalami permasalahan ovulasi. ** Baca juga: Perhatikan Beberapa Bagian Tubuh yang Jadi Tempat Bakteri & Kuman

Jadi jangan langsung mempercayai mitos tentang kesehatan yang belum terbukti kebenarannya, ya.(ilj/bbs)