oleh

Mitos atau Fakta, Jangan Makan Es Krim Saat Batuk

Kabar6-Saat sedang batuk, biasanya Anda dilarang untuk mengonsumi es krim atau makanan sejenisnya. Diyakini, mengonsumsi es krim ketika batuk dianggap dapat memparah kondisi kesehatan.

Benarkah demikian? Konsumsi es krim saat batuk, melansir Parents, tidak akan memperparah batuk. Meskipun demikian, hal yang perlu diperhatikan adalah penyebab batuk tersebut. Ada batuk yang disebabkan oleh virus atau bakteri, dan ada pula batuk karena alergi.

Untuk batuk karena virus atau bakteri, mengonsumsi es krim masih diperbolehkan. Namun batuk yang disebabkan alergi, terutama alergi dingin, mengonsumsi es krim dapat membuat kondisi bertambah parah.

Seorang profesor dan konsultan divisi penyakit menular di Mayo Medical School bernama James Steckelberg, M.D, merekomendasikan pasien yang sedang menderita flu untuk mengonsumsi produk olahan susu seperti sup krim, es krim, puding, atau susu karena dapat meredakan tenggorokan. ** Baca juga: Mengapa Sering Lapar Saat Hujan?

Selain itu, produk olahan susu dapat menambah asupan kalori pada pasien sehingga membantu asupan gizi bagi mereka yang tidak nafsu makan.

Namun, pada individu yang mengalami batuk karena alergi dingin, mengonsumsi es krim dapat memperparah batuk yang dialaminya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru