oleh

Misterius, Kapal Berisi Mayat Sering Terdampar di Wilayah Pantai Jepang

Kabar6-Sebuah kapal kayu berisi sisa-sisa kerangka delapan orang, terdampar di tepi barat Jepang, beberapa waktu silam. Rupanya, peristiwa itu bukan pertama kali terjadi.

Sebulan sebelumnya, tiga kapal ditemukan dengan satu kapal berisi satu awak yang masih hidup, kapal kedua berisi kru yang semuanya telah tewas, dan kapal ketiga berisi empat jenazah.

Pemerintah Jepang berusaha mengidentifikasi asal dari kapal-kapal tersebut. Hasilnya, melansir sciencealert, kemungkinan kapal-kapal tersebut berasal dari Korea Utara (korut). Kesimpulan itu diambil setelah melihat rokok dan jas pelampung yang bertuliskan huruf Korea terletak di dekat mayat di salah satu kapal. Media Jepang pun beramai-ramai menyebut fenomena kapal tersebut sebagai kapal hantu.

Sementara tercatat sudah ada 44 kapal terdampar di wilayah pantai Jepang, hampir mendekati jumlah dari tahun-tahun sebelumnya yaitu 66 kapal. Banyak pihak mencoba menduga-duga motif di balik kejadian tersebut.

Sebagian menduga, kapal-kapal tersebut berisi imigran-imigran dari Korea Utara yang berusaha melarikan diri dari negaranya akibat pengetatan sanksi internasional atas program nuklir rezim Kim Jong Un.

Ada juga yang berpendapat, kapal-kapal tersebut berisi orang-orang yang tidak memiliki keahlian memancing, namun dipaksa pemerintah Korut untuk mencari ikan ke tangah laut dengan peralatan seadanya.

Kondisi itu merupakan dampak dari kebijakan Pyongyang untuk mendapat pemasukan alternatif yang bisa dimanfaatkan untuk subsidi anggaran militer.

Tapi ada juga yang meyakini, kapal-kapal tersebut bukan hanya menunjukkan kebijakan pemerintah Korut yang memaksa warganya untuk mencari ikan, tapi juga menunjukkan bahwa negara tersebut sedang mengalami krisis makanan.

Tapi kapal yang terdampar tersebut memang tidak selalu membawa orang mati. Beberapa waktu sebelumnya, sejumlah nelayan Korut berhasil diselamatkan. ** Baca juga: Wuih, Luas Bandara di Beijing Setara 97 Lapangan Bola Berbentuk Bintang Laut

Menurut pemerintah Jepang, mereka dipulangkan ke negaranya atas permintaan mereka sendiri. Hal itu membuktikan bahwa tidak semua kapal-kapal itu pelarian dari Korea Utara.(ilj/bbs)

Berita Terbaru