oleh

Misterius, Google Maps Tampilkan Bangunan yang Dipenuhi Pecahan Kaca di Korut

Kabar6-Sebuah tangkapan tak biasa dari Google Maps memperlihatkan bangunan misterius di Korea Utara (Korut) yang menarik perhatian. Tampak gedung tersebut dipenuhi pecahan kaca.

Pengambilan gambar dari udara untuk layanan pemetaan digital Google, melansir thesun, menunjukkan bangunan biru dan hijau hancur dengan puluhan jendela pecah. Bidikan satelit juga menunjukkan apa yang tampak seperti gunung puing dan pecahan kaca yang tersebar di tempat parkir di bawah, kota selatan Kaesng, empat mil dari perbatasan dengan Korea Selatan (Korsel).

Tangkapan ini dibagikan di Reddit oleh pengguna d2suarez. “Saya melihat gambar satelit Korea Utara dan memperhatikan bahwa sepertinya ada ledakan di gedung perkantoran ini,” demikian tulisan di samping postingan. “Tampaknya ada kaca di seluruh tempat parkir.”

Dalam komentar di bawah posting Agustus 2020, pengguna kagum dengan penemuan yang tidak biasa. “Pada pandangan pertama saya pikir itu adalah hard drive yang rusak,” komentar seseorang.

“Mungkin ingin menahan diri untuk tidak memosting kata-kata ‘Saya sedang melihat gambar satelit NK’ di internet’,” tulis lainnya. ** Baca juga: Pencuri yang Terjebak dalam Mobil Curian Meminta Bantuan Polisi Norwegia

Akhirnya, penulis posting memecahkan misteri itu. Bangunan tersebut adalah bekas kantor pemerintah yang sebagian dihancurkan tahun lalu. “Saya baru tahu bahwa itu adalah Kantor Penghubung Antar-Gabungan Korea,” tulis d2suarez. “Kedengarannya seperti Korea Selatan yang membangunnya tetapi Korea Utara berusaha dan gagal untuk menghancurkannya.”

Disebutkan, Kantor Penghubung Antar-Gabungan dibuka pada 2018 untuk membantu Korea berkomunikasi. Bangunan tersebut sementara ditinggalkan sejak Januari 2020 sebagai akibat dari pandemi COVID-19. Pada Juni 2020, sebagian telah dihancurkan oleh Korea Utara.

Gedung berlantai empat itu kabarnya dipenuhi dengan amunisi yang diledakkan oleh militer Korut. Tidak ada petunjuk bahwa ada orang yang terluka atau terbunuh dalam ledakan tersebut.

Itu terjadi pada saat meningkatnya ketegangan antara kedua negara. Pada saat itu, Kantor Berita Pusat Korea merilis sebuah pernyataan yang mengatakan bahwa kantor penghubung hancur secara tragis dengan ledakan hebat.

Ditambahkan, ledakan itu mencerminkan pola pikir orang-orang yang marah di negara mereka. Penghancuran kantor tersebut meninggalkan harapan semua orang yang menginginkan pengembangan hubungan antar-Korea dan penyelesaian damai di Semenanjung Korea.(ilj/bbs)

Berita Terbaru