oleh

Minuman dari Bahan Alami yang Dipercaya Bantu Tubuh Langsing

Kabar6-Campuran air mineral dengan beragam jenis buah-buahan segar atau yang disebut infused water, dipercaya membantu memperlancar pencernaan. Selain infused water, sebenarnya masih banyak minuman lainnya yang khasiatnya tidak kalah.

Salah satunya adalah minuman yang terbuat dari beragam jenis bahan rempah alami. Melansir beberapa sumber, ini enam bahan alami yang tidak hanya bisa menjadi minuman pelangsing tradisional, tetapi juga memiliki banyak manfaat lain untuk kesehatan tubuh:

1. Jeruk nipis
Jeruk nipis mengandung banyak vitamin C serta asam sitrat yang bermanfaat untuk mengurangi penyerapan gula dan lemak yang terdapat dalam makanan, sehingga bisa menjadi salah satu minuman pelangsing tradisional.

Vitamin C juga dapat membantu Anda mengobati sakit tenggorokan, radang, dan penyakit organ mulut lainnya. Anda bisa menyajikan jeruk nipis yang dicampur dengan madu dan dikonsumsi setelah perut terisi.

2. Jahe
Merupakan bahan tradisional yang selalu dijadikan minuman pendamping untuk menghangatkan tubuh. Ramuan ini memiliki enzim protease dan lipase yang berfungsi memecahkan lemak serta protein, sehingga membantu memperlancar pencernaan serta menyerap protein lebih baik.

Karena itulah jahe bisa menjadi salah satu minuman pelangsing tradisional, juga sangat baik meningkatkan metabolisme dalam tubuh.

3. Teh hijau
Teh hijau memiliki zat antioksidan tinggi sehingga membantu proses pencernaan dalam tubuh secara lebih aktif. Selain itu, minuman ini bermanfaat untuk menjaga kadar kolestrol dalam darah dan meningkatkan metabolisme. Kandungan antioksidannya pun mampu menangkal radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini.

4. Kunyit asam
Kunyit juga dapat meningkatkan kebugaran tubuh, memperlancar pencernaan, dan membuat perut terasa lebih kenyang, sehingga bisa menjadi minuman pelangsing tradisional. Tidak hanya itu saja, kunyit asam juga bisa membuat kulit tampak lebih cerah, serta menghilangkan bau badan tidak sedap.

5. Kayu manis
Bagi penderita diabetes atau gula darah tinggi, sebaiknya hindari pemakaian pemanis tambahan dalam makanan maupun minuman. Anda dapat menggantikannya dengan bubuk kayu manis. Bahan tradisional ini juga bermanfaat untuk menahan rasa lapar, sehingga Anda menjadi lebih kenyang dalam jangka waktu yang panjang.

6. Gingseng
Tidak hanya berkhasiat untuk memperlancar pencernaan, gingseng juga menyimpan beragam jenis manfaat lainnya yang tidak terduga. Ramuan ini dipercaya dapat mengobati beragam jenis penyakit lainnya seperti diabetes, disfungsi ereksi, infeksi saluran pernapasan, dan tekanan darah tinggi. ** Baca juga: Berapa Sih Takaran Gizi yang Cukup untuk Usia Dewasa?

Selamat mencoba.(ilj/bbs)

Berita Terbaru