Home / Aneka Berita / Sehat / Minum Kopi Bantu Turunkan Berat Badan?
Ilustrasi/bbs

Minum Kopi Bantu Turunkan Berat Badan?

Kabar6-Hampir semua orang di dunia ini memilih kopi sebagai salah satu minuman favorit mereka. Selain aromanya mengundang selera, nutrisi yang terkandung dalam kopi ternyata baik untuk kesehatan.

Kafein yang terkandung dalam kopi, melansir healthline, bermanfaat membantu menurunkan berat badan, menurunkan risiko kanker, kolesterol hingga diabetes. Namun dengan catatan, kopi dikonsumsi tanpa gula dan dikonsumsi dalam porsi yang tepat. Dalam sehari, batas konsumsi kafein maksimum adalah 150 miligram. Diketahui satu cangkir kopi bisa mengandung kafein sebanyak 50 hingga 200 miligram.

Benarkah kafein pada kopi bisa membantu menurunkan berat badan? Para ahli menyebutkan, kafein bisa meningkatkan sistem metabolisme tubuh dan membantu tubuh membakar kalori yang masuk dengan lebih baik. Kafein juga bisa menangkal rasa kantuk dan membuat tubuh memiliki asupan energi lebih banyak. Dengan waktu tidur cukup dan gerak tubuh cukup pula, tubuh bisa terhindar dari risiko kegemukan atau obesitas.

Peneliti percaya, mengonsumsi kopi bisa menekan nafsu makan. Tidak sedikit ahli yang menemukan bahwa orang yang mengonsumsi kopi bisa menekan nafsu makannya dengan lebih baik dibandingkan orang-orang yang tidak minum kopi. Saat nafsu makan ditekan dengan baik, ini bisa mempercepat proses penurunan berat badan. ** Baca juga: Studi: Mereka yang Hanya Bercinta dengan Pasangan Sahnya Punya Kehidupan Pernikahan Bahagia

Disarankan untuk mengonsumsi kopi secara teratur dengan porsi tepat.(ilj/bbs)

Check Also

Marah Sebabkan 7 Dampak Buruk Bagi Kesehatan

Kabar6-Tidak hanya membuat Anda dijauhi dari pergaulan, memiliki sifat pemarah ternyata memiliki efek samping yang ...