oleh

Minum Air Tuak, Sebanyak 24 Gajah di Odisha Jadi Teler

Kabar6-Warga desa yang tinggal di dekat hutan jambu mete Shilipada, Distrik Keonjhar, Odisha, India, menemukan semua wadah penyimpanan tuak pecah dan airnya hilang.

Bersamaan dengan itu, melansir Newsweek, ada sebanyak 24 ekor gajah dilaporkan teler setelah meminum sejenis tuak yang disimpan dalam wadah untuk pembuatan alkohol. Menurut warga desa, sekawanan gajah ini tertidur pulas selama berjam-jam setelah mengonsumsi air tersebut.

“Kami pergi ke hutan sekira jam enam pagi untuk mempersiapkan mahua (sejenis minuman fermentasi dari buah mahua) dan menemukan semua wadah pecah dan tuaknya hilang. Kami juga menemukan gajah-gajah itu tertidur. Mereka mengonsumsi tuak itu dan mabuk,” jelas Naria Sethi, seorang warga desa.

Ditambahkan, “Miras itu belum diproses. Kami berusaha membangunkan hewan itu tapi gagal. Lalu kami menginformasikan Departemen Kehutanan.” ** Baca juga: Demi Uang, Suami di India Jual Istrinya ke Pria Lain dan Menikahkan Mereka

Seorang penjaga hutan bernama Ghasiram Patra mengatakan, pegawai Departemen Kehutanan memukul drum untuk membangunkan para gajah tersebut. Setelah sadar, sekawanan gajah itu masuk ke hutan.

Namun pegawai kehutanan menyatakan tidak yakin gajah tersebt teler setelah mengonsumsi mahua. Kemungkinan, mereka hanya beristirahat.(ilj/bbs)