oleh

Minimalisir Stres dan Cemas dengan 5 Olahraga Pilihan

Kabar6-Rutin berolahraga membuat tubuh sehat sekaligus lebih bugar dan kuat, sehingga peredaran darah pun menjadi lebih baik. Selain memberikan manfaat kesehatan secara fisik, rutin berolahraga juga mampu menjaga kesehatan mental seseorang.

Olahraga mampu meredakan perasaan cemas dan stres. Juga memberikan latihan stres pada fisik yang membantu tubuh beradaptasi. Alhasil, tubuh mampu menangani tekanan stres yang dihadapi.

Di sisi lain, penting diketahui jenis olahraga apa yang tepat dilakukan untuk mengatasi perasaan cemas dan stres. Melansir beberapa sumber, ini lima olahraga yang dimaksud:

1. Berenang
Berenang adalah salah satu olahraga yang dapat meredakan perasaan cemas dan stres, yang minim membuat fisik trauma karena dilakukan dalam air.

2. Yoga
Melatih pikiran, pernapasan, dan pergerakan tubuh. Yoga juga mampu meredakan perasaan cemas dan stres. Gerakan yoga tidak hanya melatih fisik saja tapi juga pikiran dan pernapasan.

Yoga membutuhkan sinkronasi pada tiga hal tersebut, sehingga tidak hanya fisik saja yang diolah tapi juga mental. Tidak heran orang yang telah melakukan yoga merasakan perasaan yang lega dan fisik yang lebih segar.

3. Menari
Dapat memperbaiki suasana hati menjadi lebih baik. Melakukan olahraga dengan menari juga bermanfaat untuk meredakan perasaan cemas dan stres.

Gerakan yang riang dengan mengikuti lantunan suara musik mampu memperbaiki suasana hati. Selain itu, menari juga bermanfaat untuk merenggangkan otot dan sendi, menyehatkan jantung, dan memadatkan tulang.

4. Tai chi
Seni bela diri dari Tiongkok yang mampu meredakan kecemasan. Olahraga tai chi asalnya adalah seni bela diri dari Tiongkok. Seperti yoga, tai chi juga melibatkan latihan pernapasan dalam gerakannya.

Gerakan tai chi sendiri cenderung tenang namun melibatkan kekuatan otot yang cukup intens, sehingga bermanfaat untuk melatih kekuatan otot dan meningkatkan stamina tubuh.

5. Jalan santai
Membantu fisik dan pikiran lebih rileks. Anda dapat melakukan olahraga jalan santai untuk membantu meredakan cemas dan stres. Tak perlu jauh-jauh, Anda bisa melakukannya di sekitar area rumah dan dilakukan selama 15-30 menit.

Lebih baik dilakukan pada pagi hari saat udara masih bersih dan segar, sehingga Anda akan mendapatkan kualitas udara yang lebih baik. ** Baca juga: Tak Hanya Sedap Dipandang Mata, Ini 5 Manfaat Hirup Aroma Bunga

Olahraga sangat baik bagi kesehatan, dan untuk mendapatkan manfaat yang optimal, harus dilakukan secara rutin. Olahraga tidak hanya menyehatkan fisik, tapi juga membantu menjaga kesehatan mental serta menjaga mood tetap baik.

Durasi yang cukup serta gerakan olahraga yang benar akan memberikan efek maksimal sekaligus menyehatkan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru