oleh

Minimalisir Penggunaan Plastik, Pilih Wadah Daging yang Ramah Lingkungan

Kabar6-Biasanya pembagian daging kurban selalu dikemas dengan kantong plastik. Padahal diketahui, polusi plastik adalah akumulasi dari produk plastik yang ada di lingkungan, berdampak buruk terhadap satwa liar, habitat satwa liar, dan manusia.

Plastik berharga murah, tahan lama, dan hasilnya tingkat produksi plastik oleh manusia menjadi tinggi. Namun umumnya struktur kimia dari plastik membuat mereka tahan terhadap banyak proses alami degradasi, sehingga lambat juga untuk didegradasi.

Bagaimana solusinya? Melansir Womantalk, berikut empat alternatif wadah daging ramah lingkungan untuk meminimalisir penggunaan plastik:

1. Food container
Wadah yang satu ini memang tergolong jauh lebih mahal dibanding kantong plastik. Namun Anda bisa memanfaatkan momen Idul Adha ini sebagai saat untuk berbagi lebih untuk sesama.

Mengurangi sampah plastik, wadahnya yang bisa digunakan kembali untuk menyimpan berbagai jenis makanan lain. Asal jangan memilih food container berbahan plastik atau yang berlogo segitiga plastik.

2. Boks kertas daur ulang
Dijual dengan harga yang lebih terjangkau dibanding food container, Anda bisa menggunakan boks kertas daur ulang sebagai wadah pembagian daging kurban Idul Adha. Lapisi dengan daun pisang dulu agar lebih rapi dan tidak berantakan saat dibagikan.

3. Kantong ‘plastik’ dari tumbuhan
Saat ini sudah banyak tersedia kantong ‘plastik’ yang lebih mudah terurai oleh lingkungan yang terbuat dari tumbuh-tumbuhan. Misalnya kantong plastik dari ketela atau singkong yang teksturnya lebih lentur dan tebal.

Selain cepat hancur jika sampai terbuang, tampilannya yang lebih estetis akan membuat Anda rajin menggunakannya kembali.

4. Besek bambu
Dibanding plastik yang memerlukan ratusan hingga ribuan tahun untuk bisa terurai, besek bambu sudah bisa terurai kembali dalam waktu 5-7 bulan saja. Selain lebih ramah lingkungan, besek dari bambu punya kemampuan menghambat pertumbuhan bakteri.

Selain mengganti kantong plastik dengan wadah yang lebih ramah lingkungan saat Idul Adha, akan lebih baik lagi jika kita melanjutkan kebiasaan tersebut setiap hari. ** Baca juga: Apa yang Sebaiknya Dilakukan Usai Makan Daging?

Yuk, mulai dibiasakan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru