oleh

Minim SDM, Kota Tangerang Rentan Dicemari

Kabar6-Minimnya Sumber Daya Manusia (SDM) dibidang pengawasan dan penegakan hukum pada Badan Pengendalian Lingkungan Hidup (BLH) Kota Tangerang, menjadi faktor kelemahan daerah setempat, dalam menjaga lingkungannya dari pencemaran, baik air maupun udara.

“Pengawas di kita cuma ada tiga orang, terus yang dua nya juga perempuan,” ungkap Dedi Sudrajat, Sekretaris BPLH saat ditemui diruang kerjanya, Jum’at (15/5/2015).

Sementara itu, Kasubid Pengawasan BPLH Kota Tangerang, Awaludin Malik mengamini, bahwa saat ini pihaknya kerap mendapati aduan dari masyarakat, terkait indikasi pencemaran, baik limbah caih, maupun udara, oleh sejumlah pelaku usaha yang ada.

“Limbah cair dan batu bara memang masih berpotensi tinggi. Namun, kita selalu memaksimalkan kinerja kita, meski dengan keterbatasan SDM,” tukasnya.

Awal juga menjelaskan, dalam teknis pelaksanaan dilapangan, pihaknya lebih mengedepankan pembinaan, dimana itu akan dimonitoring setiap tiga bulan sekali.

“Jika pembinaan itu tetap diabaikan, baru kita teruskan kepada penegakan hukumnya. Dan kalau indikasi pencemaran sendiri, kita tidak bisa mendiamkan, baik itu aduan ataupun temuan,” jelas dia. **Baca juga: Kali di Kota Tangerang Dicemari Limbah Pabrik.

Awal menambahkan, sepanjang tahun ini saja, pihaknya telah mencatat ada sebanyak 10 kasus indikasi pencemaran, yang sedianya telah dilaporkan oleh masyarakat setempat.(ges)

Berita Terbaru