oleh

Meski Tidak Digunakan, Berdekatan dengan Gadget Bisa Rusak Kemampuan Kognitif Otak

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Di balik kehadirannya yang mempermudah berbagai pekerjaan, gadget juga bisa memberikan dampak buruk, khususnya memengaruhi konsentrasi.

Penelitian terbaru dari University of Texas, Austin, dilansir Sindonews dari Medical Daily, yang melibatkan 800 responden menunjukkan bahwa meski tidak menggunakan gadget, berdekatan dengan gadget bisa merusak kemampuan kognitif otak.

Responden tersebut diberikan beberapa pertanyaan. Selanjutnya peneliti meneliti seberapa jauh para responden bisa fokus dan konsentrasi terhadap tes di depannya. Saat tes dimulai, para responden dibagi dua bagian.

Kelompok pertama, responden mengerjakan tes dan menyimpan gadget di dekatnya dalam mode diam. Sementara kelompok kedua, responden dijauhkan dari gadgetnya saat mengerjakan tes.

“Kami melihat adanya kaitan antara gadget dan para partisipan. Mereka yang memiliki gadget di dekatnya, lebih mudah melihat terus menerus ke arah gadget-nya. Kondisi ini membuat partisipan kekurangan kemampuan kognitifnya,” papar Adrian Ward, salah seorang peneliti.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa responden yang jauh dari gadgetnya memiliki kemampuan fokus yang baik dibandingkan mereka yang dekat dengan gadget. Hal ini dipicu karena pemikiran yang selalu ingin membuka gadgetnya, meski tidak ada pemberitahuan apa pun.

“Ini bukan soal adanya pemberitahuan di gadget. Meski gadget dalam keadaan diam, orang lebih mudah terganggu dengan kehadiran gadget. Hal ini membuat performanya lebih buruk dibanding mereka yang memiliki jarak dengan gadget-nya,” ungkapnya. ** Baca juga: Jangan Remehkan, Seprai Kotor Bisa Picu Sesak Napas

Yuk, sesekali ‘puasa’ gadget.(ilj/bbs)

Berita Terbaru