oleh

Mesin Dilas, Kawanan Maling Kuras Uang ATM BCA di Cilegon

Kabar6-Mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) BCA di wilayah Kota Cilegon, Banten, dibobol dengan cara dilas. Komplotan pelaku yang diduga lebih dari dua orang itupun langsung menggasak uang.

Para pelaku masuk ke dalam minimarket dengan cara menaiki pohon di belakang bangunan. Komplotan penjahat kemudian menjebol teralis atas dan masuk ke dalamnya. Jejak las pelaku di mesin ATM sangat rapih, diduga pelaku sudah berpengalaman sebagai tukang las.

“Pelaku membawa peralatan las. Ada tabung gas. Dilas plat nya seperti itu dan kelihatan profesional ngelasnya,” kata Kapolsek Cilegon, Kompol Jajang Mulyana, melalui sambungan selulernya, Rabu (25/06/2020).

Peristiwa pembobolan mesin ATM diduga terjadi sekitar pukul 03.00 dini hari tadi. Saat dibobol, alarm pencurian berbunyi dan terkoneksi langsung ke kantor pusatnya. Kemudian, pihak BCA pusat menghubungi kantor cabangnya di Kota Cilegon.

Petugas kantor cabang datang ke lokasi kejadian sekitar pukul 03.15 wib. Namun petugas tersebut baru melaporkan pembobolan ke Polsek Cilegon sekitar pukul 10.00 wib.

“Kejadiannya sekitar jam 03.00 wib subuh, karena alarm ATM BCA bunyi ke pusat. Langsung dihubungi koordinator yang ada di Cilegon. Dari koordinator datang ke TKP jam 03.15 WIB. Karena malam, dia tidak bisa masuk, dia menghubungi yang punya kunci tapi enggak diangkat, sedangkan alarmnya masih bunyi, orangnya masih di dalam. Tapi tidak melaporkan ke polisi. Jam 06.00 WIB yang punya kunci datang, ternyata hilang. Kemudian datang ke polsek jam 10.00 WIB laporannya,” terangnya.

Pihak kepolisian telah mendatangi lokasi melakukan olah tempat kejadian perkara dan memeriksa rekaman video CCTV. Namun saat kejadian, kondisi di dalam minimarket gelap gulita, lantaran lampunya padam.

**Baca juga: Pemprov Banten Habiskan Rp25 Miliar Lebih Belanja Rapid Test.

Jumlah uang yang hilang pun belum diketahui jumlahnya. Lantaran memerlukan waktu untuk dihitung ulang, mulai yang yang di taruh, siapa dan jumlah yang ditarik hingga saat ATM itu dibobol.

“CCTV yang ada ini juga lagi di olah, (CCTV) yang punya Alfamart tidak mengarah ke ATM, yang mengarah hanya (CCTV) punya BCA. Di dalam lampunya mati, gelap. Di duga lebih dari dua orang pelakunya. Uang yamg hilang belum diketahui, karena sedang dihitung. Uang yamg ditaruh dan di tarik itu perlu dihitung lagi,” jelasnya.(Dhi)

Berita Terbaru