oleh

Menyisir Rambut Ada Kiatnya Juga Lho

Kabar6-Ada beberapa hal yang tampaknya sepele, namun dapat berpengaruh bagi kesehatan Anda. Contohnya menyisir rambut.

 

Pekerjaan sederhana ini bisa menjadi tidak sepele jika Anda mengetahui akibat yang ditimbulkan, apabila dilakukan secara asal-asalan. ** Baca juga: Semakin Tua Tubuh Semakin Gemuk?

 

Apa saja sih hal-hal yang dapat membuat rambut “menderita”?

 

1. Jangan pernah menyisir ketika rambut dalam kondisi basah. Rambut yang tertarik kuat saat disisir dalam kondisi basah, akan mengalami gesekan, sehingga mengakibatkan mudah patah. Sebaiknya Anda mengeringkan rambut terlebih dahulu sebelum menyisir.

 

2. Kadangkali kita mulai menyisir rambut dari akar ke ujung. Tahukah Anda jika cara itu sebenarnya salah? Akibat yang ditimbulkan adalah rambut akan tertarik dari akarnya, sehingga menyebabkan rontok. Karena itulah disarankan agar Anda menyisir dengan diawali beberapa inci dari akar rambut.

 

3. Perempun lebih sering menyisir rambut agar terlihat selalu rapi. Padahal, menyisir rambut terlalu sering justru berdampak tidak baik bagi rambut. Disarankan agar Anda sesekali merapikan rambut memakai jari.

 

4. Memilih sisir haruslah cermat, karena sisir memiliki bentuk beragam, dengan fungsi yang berbeda.

 

5. Jangan pernah malas untuk membersihkan atau mencuci sisir milik Anda. Sisir yang kotor dapat memindahkan kotoran dan bakteri ke kulit kepala, sehingga mengakibatkan kotoran menumpuk dan menyumbat pori-pori kulit kepala.

 

6. Sisir yang 100 persen terbuat dari plastik ternyata tidak baik untuk rambut. Listrik statis yang dihasilkan saat menyisir, akan membuat rambut menjadi kurang halus, dan dapat menimbulkan luka pada batang rambut, meskipun tidak kasat mata.

 

7. Saat menyisir, perlakukan rambut Anda secara halus. Menyisir dengan kasar dapat menyakiti rambut, dan membuatnya semakin rusak.

 

Perlakukanlah rambut seperti anggota tubuh yang lain, karena rambut adalah mahkota Anda yang juga ingin disayangi. (ilj)

Berita Terbaru