oleh

Menyambut Tahun Baru, Pelabuhan Merak Dipadati Penumpang

Kabar6-Penumpang  di Perlabuhan Merak, sejak  Jum’at (28/12) malam hingga Sabtu sore, terus meningkat.Peningkatan penumpang  terutama pejalan kaki  yang akan menikmati malam  tahun baru di kampung halaman.

Berdasarkan data dari Kantor PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Merak, Sabtu (29/12), jumlah pejalan kaki mencapai 61.884 orang. Jumlah ini meningkat 46 persen dari tahun lalu pada hari yang sama, yakni 42.269 orang. Sedang jumlah kendaraan pribadi yang menyeberang naik 22 persen dari 21.659 tahun 2011 menjadi 26.519. Dan kendaraan roda dua naik 28 persen dari 6.622 unit menjadi 8.500 motor.

“Puncak arus libur tahun baru baik dari Merak ataupun Bakauheuni diprediksi akan terjadi pada Sabtu (29/12),” kata Humas PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak Mario Sardadi Oetomo . Lonjakan penumpang diperkirakan akan terjadi hingga 40 persen dari hari biasa.

Dikatakan Mario, meski jumlah penumpang dan kendaraan pribadi dan bus meningkat, namun penyeberangan truk angkutan barang malah berkurang. “Truk barang banyak menyeberang sebelum libur Natal kemarin, makanya saat ini jumlahnya berkurang,” katanya.

Peningkatan jumlah penumpang juga terjadi di Terminal Terpadu Merak (TTM). Pengelola TTM sendiri telah menyiapkan 350 armada bus untuk mengantisipasi lonjakan penumpang dari Pulau Sumatera selama libur Natal dan Tahun Baru ini. “Kita harus berusaha agar penumpang bisa terlayani dan tidak terlantar di Merak,” ungkap Kepala UPTD TTM Irwansyah.

Untuk menghindari kemacetan di sekitar Terminal TTM, kata Irwansyah, pihaknya akan memberlakukan larangan bus menurunkan dan menaikkan penumpang di luar terminal. “Ini untuk menjaga kelancaran arus bus dari dalam dan luar terminal,” katanya.(pk/sak)

 

Berita Terbaru