Home / Aneka Berita / Sehat / Menurut Studi, Kelebihan Berat Badan Dapat Kurangi Usia Hingga 4 Tahun
Ilustrasi/bbs

Menurut Studi, Kelebihan Berat Badan Dapat Kurangi Usia Hingga 4 Tahun

Kabar6-Memiliki berat badan berlebih memang bukanlah sesuatu yang membanggakan. Selain menciptakan perasaan tidak nyaman sekaligus ‘merusak’ penampilan, juga tidak baik untuk kesehatan.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam ‘The Medical Journal Lancet’, melansir Sindonews, mengungkapkan bahwa kelebihan berat badan memiliki beberapa dampak yang sangat serius, yakni mengurangi umur hingga empat tahun. “Body mass index (BMI) diketahui sangat terkait dengan semua penyebab kematian, tetapi beberapa penelitian telah cukup besar untuk secara andal memeriksa hubungan antara BMI dan rentang komprehensif penyebab kematian secara spesifik,” demikian tulis laporan itu.

BMI merupakan ukuran lemak tubuh berdasarkan tinggi dan berat badan yang berlaku untuk pria dan wanita dewasa. Penelitian melibatkan penelitian dari hampir dua juta orang yang terdaftar di dokter Inggris.

Hasil studi menjelaskan, “Hubungan antara BMI dan mortalitas lebih kuat pada usia yang lebih muda daripada usia yang lebih tua, dan BMI terkait dengan risiko kematian terendah lebih tinggi pada individu yang lebih tua daripada individu yang lebih muda. Dibandingkan dengan individu dengan berat badan yang sehat, harapan hidup dari usia 40 tahun adalah 4:2 tahun lebih pendek pada pria obesitas dan 3:5 tahun lebih pendek pada wanita gemuk, dan 4:3 tahun lebih pendek pada pria kurus dan 4:5 tahun lebih pendek pada wanita dengan berat badan rendah.”

Para peneliti juga menemukan, sejak usia 40 tahun orang-orang di ujung yang lebih tinggi dari rentang Body Mass Index (BMI) yang sehat memiliki risiko kematian paling rendah akibat suatu penyakit. Namun, orang-orang di ujung atas dan bawah dari BMI berisiko memiliki kehidupan yang lebih pendek.

“BMI dikaitkan dengan semua penyebab kategori kematian, kecuali kecelakaan yang terkait dengan transportasi, termasuk kanker, penyakit kardiovaskular, dan penyakit pernapasan,” jelas peneliti. ** Baca juga: Benarkah Konsumsi Biskuit Bikin Bodoh?

Sementara menurut laporan BBC, seorang penulis dari penelitian yang bernama Dr Krishnan Bhaskaran mengatakan, tidak semua orang dalam kategori sehat berada pada risiko penyakit terendah. Untuk sebagian besar penyebab kematian, pihaknya menemukan bahwa ada tingkat BMI ‘optimal’ dengan risiko kematian meningkat di bawah dan di atas tingkat itu.(ilj/bbs)

Check Also

Marah Sebabkan 7 Dampak Buruk Bagi Kesehatan

Kabar6-Tidak hanya membuat Anda dijauhi dari pergaulan, memiliki sifat pemarah ternyata memiliki efek samping yang ...