oleh

Menurut Psikolog, Foto yang Sering Anda Posting di Instagram Punya Arti Sendiri

Kabar6-Nyaris setiap orang memiliki akun di Instagram. Setiap foto yang diunggah, bisa menggambarkan lebih dari aktivitas dan minat seseorang. Ya, media sosial dapat menunjukkan hal yang lebih dalam.

Menurut konsultan psikologis bernama Dr Elena Touroni, foto yang kita unggah bisa mencerminkan aspek kehidupan dan versi dari diri sendiri yang diinginkan. Bahkan, dijadikan strategi dan validasi untuk meningkatkan kepercayaan diri, terutama bagi mereka yang tidak puas di kehidupan nyata.

Namun tahukah Anda, melansir Wolipop, foto-foto yang paling sering diunggah dalam Instagram ternyata memiliki arti sendiri, lho. Apa sajakah foto yang dimaksud?

1. Foto pemandangan
Menurut direktur medis sosial perusahaan marketing, Lynn Morrison, sering posting foto pemandangan saat liburan bisa diartikan bahwa mereka mencari validasi dari orang-orang sekitar.

“Pemandangan adalah sorotan terbaik dari status sosial dan saldo akun bank kamu tanpa harus bersikap menyebalkan (saat memamerkannya). Ketika orang lain yang kamu tahu menjadi budak di kantor yang suram, foto pantai dengan matahari tenggelam paling tidak akan membuat iri,” kata Lynn.

2. Foto selfie
Tidak sedikit orang yang gemar mengunggah foto selfie dalam akun Instagram mereka. Pakar pun setuju bahwa para pecinta selfie sedang mencoba untuk mengimpresi seseorang. Apalagi biasanya mereka akan sengaja mempersiapkan diri dan mencari pose terbaik untuk menampilkan diri dengan menarik.

“Foto-foto itu (seolah) selalu berkata: ‘Aku pintar, impromptu, unik, dan menjalani hidup terbaik. Juga make-up-ku secara tidak sengaja selalu sempurna,” ungkap Lynn.

3. Foto prestasi
Tidak sedikit orang yang juga menampilkan prestasi mereka melalui Instagram. Tidak selalu berupa foto piala, prestasi bisa berupa datang ke acara prestis atau sukses lari maraton.

Dikatakan, hal tersebut seringkali dilakukan untuk mendapat ‘Like’ dan afirmasi akan suatu hal. Foto jenis ini pun tak selalu buruk karena orang lain juga menyukainya.

“Sebagai orang yang melihat, kita menyukai foto-foto itu karena kita tahu seberapa banyak kerja keras yang dilakukan untuk mendapatkan hal tersebut,” urai Lynn.

4. Foto aksi
Beberapa orang juga senang mengunggah foto ketika sedang beraksi, seperti naik gunung atau sedang clubbing. Foto itu sering ditunjukkan untuk menggambarkan bahwa mereka bermain sekeras mereka bekerja.

Hal tersebut juga bisa jadi dilakukan untuk memamerkan sisi sosial dan menyenangkan. Dianggap normal dan sehat, tetapi foto-foto jenis ini juga bisa berdampak negatif.

“Ini bisa jadi negatif ketika kita menilai diri kita berdasarkan itu dan kita butuh validasi eksternal untuk merasa bahagia dengan diri sendiri misalnya seberapa like yang didapat. Nilai diri harus datang dari dalam,” jelas Lynn. ** Baca juga: Berapa Kali dalam Sehari Pria ‘Melamun Jorok’?

Anda termasuk kategori yang mana? (ilj/bbs)

Berita Terbaru