oleh

Mentri Perdagangan Hadiri Pasar Murah Kota Tangerang

Kabar6-Menteri Perdagangan (Mendag) Gita Wirjawan hadiri pembukaan pasar murah yang digelar oleh Dinas Perdagangan, Perindustrian dan Koperasi (Disperindakop) Kota Tangerang di sejumlah wilayah.

Kedatangan Mendag disambut Walikota Tangerang H. Wahidin Halim di Kelurahan Buaran Indah, Kecamatan Tangerang, Jumat (19/7/2013).

“Ini adalah bentuk kepedulian Pemerintah Kota Tangerang terhadap masyarakat karena pasca kenaikan bahan bakar minyak (BBM), seluruh kebutuhan pokok mengalami kenaikan. Penyelenggaraan pasar murah sendiri merupakan agenda rutin Disperindakop yang kali ini bersama Pemerintah Pusat dan swasta menyediakan ribuan paket sembako murah,” kata Walikota Tangerang Wahidin Halim.

Wahidin dalam sambutannya juga mengungkapkan, persedian kebutuhan pokok di pasar induk dan tradisional sangat mencukupi untuk kebutuhan masyarakat, jadi tidak perlu dilakukan sidak.

“Pasar Induk Tanahtinggi nggak perlu disidak, kebutuhan pokok masyarakat cukup,” ujarnya seraya berharap, pasar murah dapat membantu masyarakat untuk mendapatkan sembako yang lebih murah dari harga dasarnya.

Sementara itu, Gita Wirjawan mengungkapkan, pasar murah Ramadhan digelar Kementerian Perdagangan di sejumlah wilayah bekerjasama dengan pemerintah daerah.

“Penyelenggaraan pasar murah merupakan salah satu bentuk komitmen Kementerian Perdagangan bersama Pemda dalam menjaga pasokan dan stabilitas harga,” ujarnya.

Target pasar murah, kata Gita, adalah kepala keluarga kurang mampu, yang mekanisme penjualannya menggunakan sistem kupon untuk menghindari penebusan ganda sembako oleh satu keluarga.

Adapun Kepala Disperindakop Kota Tangerang M. Noor menyebutkan, pasar murah dilaksanakan di tiga Kecamatan, yakni Kelurahan Buaran Indah Kecamatan Tangerang, Kelurahan Bojong Jaya Kecamatan Karawaci, dan Kelurahan Pondok Pucung Kecamatan Karang Tengah.

Pasar murah menyediakan 1.000 paket dari Disperindakop untuk Kecamatan Tangerang, 350 paket dari Carrefour untuk Kecamatan Karang Tengah, dan 250 paket dari Giant untuk Kecamatan Karawaci.

Isi paket cukup variatif, seperti minyak goreng, mie instan, sarden, gula pasir, tepung terigu, dan kebutuhan pokok lain. Setiap paket dijual seharga Rp 20 ribu hingga Rp 30 ribu.(hms/jus)

Berita Terbaru