oleh

Menteri Perhubungan Lakukan Ramp Check di Bandara Soetta

Kabar6-Dalam rangka menyambut libur Natal dan Tahun Baru, Menteri Perhubungan Budi Katya Sumadi melakukan ramp check pesawat di Bandara Soekarno Hatta (Soetta). 160 dari 450 pesawat telah diperiksa.

“Sebentar lagi kita menghadapi liburan Natal dan Tahun Baru, oleh karena itu saya minta semua pihak untuk memastikan bahwa pesawat yang akan berangkat dalam keadaan baik,” ujar Budi, Sabtu (15/12/2018).

Ia mengatakan, tidak ada kendala yang berarti. Hal ini menunjukan pesawat mendapatkan perawatan yang relatif baik.

“Saya minta kepada pihak terkait untuk meningkatkan rampcheck hingga 70 persen, maksimal 22 Desember sudah harus selesai,” ujarnya.

Ramp check serupa dilakukan tidak hanya di Bandara Soetta, namun di seluruh bandara di Indonesia.

“Saya sempat berdiskusi dengan tim maupun pilot tentang apa yg ia lakukan saya lihat bahwa mereka melakukan dengan sistematis dan detail terhadap elemen- elemen yang memastikan bahwa pesawat layak terbang. Saya juga berdiskusi dengan penerbang dari Garuda dan dari Lion Air mereka memiliki suatu SOP baik dalam mengawaki pesawat maupun SOP kapan dia terbang mau pun istirahat,” imbuhnya.

Ia meminta walaupun dari kesaksian mereka baik, pihaknya tetap melakukan suatu kontrol terhadap SOP yang dilakukan.

“Hal lain yang perlu saya sampaikan, beberapa tujuan seperti ke Bali, Medan, Manado, Ambon, Pontianak, Papua, NTT akan meningkat saya minta kepada airline untuk menambah jumlah maskapai tujuan ke sana, sekarang sudah ada beberapa tambahan,” tuturnya.

Ia mengatakan akan menugaskan semua aparat dari Kementrian Perhubungan Eselon 1 dan 2 untuk melakukan piket natal di tempat-tempat strategis seperti Jakarta, Surabaya, Bali, Medan kita akan lakukan secara khusus,” ungkapnya.

Ia juga mengimbau kepada bandara kecil untuk beroperasi lebih panjang dari jam biasanya.**Baca Juga: Ada Pohon Tumbang, Jalan Raya Rangkasbitung-Leuwidamar Macet.

“Indonesia timur akan menjadi destinasi yang favorit dan berkaitan dengan tarif, sejauh ini tarif belum melampaui batas atas, namun demikian saya tetap minta kalaupun ada kenaikan, jangan signifikan yang membuat penumpang keberatan,” tandasnya.(res)

Berita Terbaru