oleh

Menteri Luhut Sebut Covid-19 Varian Delta Tujuh Kali Lebih Ganas

Kabar6-Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan menyebutkan virus Delta tujuh kali lebih menular dibandingkan dengan varian Covid-19 sebelumnya.

Ia mengakui Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Pulau Jawa – Bali yang telah 15 hari dilaksanakan belum mampu menekan angka kasus aktif.

“Dan hasil monitoring kami terhadap indikator google trafic, facebook mobility dan indeks cahaya malam telah terjadi penurunan yang cukup signifikan,” katanya saat konferensi pers virtual evaluasi, Sabtu (17/7/2021).

Meski demikian, terang Luhut, penurunan aktivitas dan mobilitas tidak diikuti angka kasus aktif. Walaupun ia klaim dalam tiga hari terakhir data-data yang diperolehnya semakin membaik.

Luhut sebutkan karena ada masa inkubasi penularan sebelumnya dan beberapa faktor lain. Hasil penelitian beberapa institusi dibutuhkan waktu 14-21 hari untuk penambahan kasus bisa menurun.

“Hal itu bisa terjadi jika kita semua konsisten terhadap pelaksanaan PPKM ini,” jelasnya.

Luhut bilang bukan pilihan mudah bagi pemerintah untuk terapkan PPKM Darurat. Satu sisi harus menurunkan virus varian Delta yang naik tinggi.

**Baca juga: Relawan PPKM Mikro Karang Taruna Tangsel Semprotkan Disinfektan ke Rumah Warga Isoman

“Agar rumah sakit, puskesmas, dan sarana kesehatan lainnya bisa menyembuhkan pasien Covid-19,” ujar Luhut.

Menurutnya, PPKM Darurat bertujuan untuk menekan aktivitas dan mobilitas masyarakat demi terhindar dari virus varian Delta yang semakin ganas.(yud)

Berita Terbaru