oleh

Mensos Risma Kasih Bantuan Rp1 Miliar untuk Korban Kebakaran di Badui

Kabar6-Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini memberikan bantuan untuk warga Badui korban kebakaran di Kampung Cepak Huni, Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak.

Bantuan senilai Rp1.001.000.000 diserahkan langsung Risma saat berkunjung ke permukiman masyarakat adat tersebut, Kamis (20/1/2022).

“Kemarin bulan Oktober mereka kebakaran rumah, kurang lebih bulan Desember kami bantu mereka. Tapi ternyata itu ada aturan adat, dan baru bisa dibangun awal tahun sekarang,” kata Risma.

Bantuan yang diserahkan itu rinciannya Rp840 juta untuk 24 kepala keluarga (KK) yang terdampak kebakaran, bantuan stimulan perekonomian untuk 5 kelompok senilai Rp125 juta, dan bantuan jaminan hidup selama 3 bulan senilai Rp36 juta.

Kementerian Sosial juga memberikan bantuan senilai Rp50 juta kepada 24 KK terdampak kebakaran. Bantuan tersebut untuk membangun kembali rumah mereka yang sebelumnya telah rata dengan tanah.

“Terus ada bantuan perekonomian untuk mereka berusaha, dan ada juga bantuan biaya hidup selama mereka belum bisa beraktivitas semula. Kami berikan biaya hidup 3 bulan,” ujar Risma.

**Baca juga: Wanti-wanti Anggota DPRD Lebak soal Rencana Relokasi PKL Rangkasbitung

Mantan wali kota Surabaya itu juga mengaku telah menyerap aspirasi yang berharap adanya perbaikan akses jalan menuju Badui.

“Tadi ada permintaan jalan, kami siapkan dan bantu apa yang kurang. Dan kami berikan Rp100 juta untuk perbaikan jalan,” katanya.(Nda)

Berita Terbaru