oleh

Menikmati Anggur di Romantisme Malam SMS

Kabar6-Angkat gelas tinggi-tinggi lalu tos minuman merupakan hal yang lazim dilakukan di setiap akan meminum anggur (wine). Budaya minum anggur tak selamanya berkonotasi negatif.

Seringkali aktifitas minum-minuman anggur menjadi bumbu bagi para penikmatnya di sela-sela pertemuan resmi atau sekedar santai bagi warga domestik dan luar negeri.

Seperti situasi yang terjadi dalam acara  Beaujolais Nouveau yang berlangsung Summarecon Mal Serpong, Gading Serpong, Tangerang pada jumat malam 16 November 2012. Sejumlah ekspatariat tengah asyik bercengkrama dan diselipi senda gurau sambil menikmati minuman khas Perancis.

“Festival ini kami selenggarakan sebagai wadah bagi para pencinta wine di Tangerang. Sekaligus para pencinta kebudayaan asing, di mana event ini juga merupakan sebuah ajang pertukaran budaya sekaligus silaturahmi bagi para pebisnis di Tangerang untuk lebih membuka jarngan sosialnya,” tutur General Manager Coorporate Communication PT Summarecon Tbk, Cut Meautia, beberapa waktu lalu.

Meutia menjelaskan, di Kota Beaujolais, Perancis, acara minum anggur biasanya berlangsung ketika merayakan musim panen anggur.

Mengambil replika dan beragam dekorasi nuansa café outdoor di Perancis yang menjadi ikon di Kota Paris. Membuat pengunjung terasa sedang berada dalam suasana layaknya sebuah perayaan Beaujolais Nouveau Festival di Perancis.

Pada acara tersebut ditambah beragam hiburan yang menghiasi jalannya acara. Seperti penampilan tarian tradisional Can Can, Mime & Magician, Happening Arts, Street Accordion Player, Games, Lucky Draw dan banyak lagi hiburan menarik lainnya.

“Perayaan ini didedikasikan bagi para pencinta wine, kuliner dan budaya Prancis di Tangerang, dan dimaksudkan untuk memperkenalkan negara Prancis, juga sekaligus mempererat hubungan kedua negara,” ungkap Cut Meautia.

Para pengunjung hanya  dengan membayar Rp 350 ribu sudah bebas meminum anggur Beaujolais Nouveau. Juga berbagai menu hidangan yang disajikan sepuasnya, yang digelar mulai pukul 19.00 WIB hingga selesai. 

Pada malam tersebut para pengunjung menikmati suguhan anggur Beaujolais Nouveau yang didatangkan secara langsung dari wilayah Beaujolais, Perancis.

Selain proses fermentasinya yang unik dan jenis anggur Gamay yang dipakai, Beaujolais ini hanya bisa dinikmati pada bulan November di minggu ketiga setiap tahunnya.      

Beragam kuliner khas Perancis juga turut menghiasi kemeriahan perayaan kali ini. Variasi menu racikan dari Chef Antoine Audran, Executive Chef and Proprietor of Java Bleu membuat suasana makin meriah.

Mulai dari sajian Le Boufe adalah tumis daging sapi tenderloin “stroganoff” dengan paprika, La Volaille adalah bebek utuh ballotine confit dengan saus anggur merah dengan apel caramel dan lobak, La Soupe, La Bouillabaisse, dan masih banyak lagi.

Bahkan, salah satu pengunjung Beaujolais Nouveau festival secara spontan dan terbata-bata mengatakan, “saya senang ikut di Beaujolais Nouveau festival, karena disini saya jarang mendapatkan acara-acara seperti ini yang biasa kami dapatkan di Negara kami, jadi acara ini harus dinikmati dengan senang-senang bersama keluarga dan teman-teman” ujar Monique Goncalves salah satu expatriat asal Portugal.(yud/pie)

 

Berita Terbaru