oleh

Mengundang Selera, Makanan Pedas Ternyata Punya Manfaat untuk Tubuh

Kabar6-Bagi sebagian orang yang menyukai rasa pedas, makan terasa hambar tanpa ditemani sambal. Apa pun makanannya, sambal menjadi menu wajib yang tersedia di meja makan.

Sebaliknya, sejumlah orang tidak menyukai pedas atau bahkan menghindari pedas dengan berbagai alasan tertentu seperti takut terkena diare, iritasi lambung atau usus dan lain sebagainya.

Nah tahukah Anda, mengonsumsimakanan pedas ternyata juga ada manfaatnya untuk tubuh? Kandungan vitamin dalam cabai seperti vitamin C, vitamin B6, vitamin K6 serta mineral seperti potassium, copper, beta karoten membantu metabolisme dalam tubuh.
Cabai sangat tinggi akan caratenoids antioksidan. Capsanthin adalah jenis caratenoids paling utama pada cabai merah, bahkan ditemukan lebih dari 50 persen total caratenoids yang bermanfaat untuk melawan kanker.

Rasa pedas dan panas pada cabai berasal dari capsaicin yang diduga dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Cabai juga mengandung lutein yang dapat mempengaruhi kesehatan mata. Synaptic acid dan ferulic acid merupakan antioksidan dalam cabai yang berfungsi untuk mencegah penyakit kronis.

Lantas, apa saja manfaat makanan pedas bagi kesehatan? Melansir beberapa sumber, beriku lima manfaat mengonsumsi makanan pedas:

1. Tingkatkan metabolisme tubuh
Sensasi panas dari capsaicin dapat mendorong aktivitas metaboolisme dalam tubuh hingga lima persen. Adanya peningkatan metabolisme akan menambah pembakaran lemak dalam tubuh hingga 16 persen. Kandungan capsain dalam cabai juga dapat membakar ekstra kalori selama 20 menit setelah makan.

2. Tingkatkan sistem kekebalan tubuh
Cabai dan paprika memiliki kandungan vitamin C dan vitamin A yang sangat tinggi. Vitamin ini diperlukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan tidak mudah terserang penyakit.

3. Baik untuk kesehatan jantung
Capsaicin dalam cabai efektif untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh. Capsaicin juga dapat membantu mencegah pembekuan dalam darah. Sensasi hangatnya dapat meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. Selain itu, vitamin A dan C juga memperkuat dinding otot jantung.

4. Bantu ringankan sinusitis
Anda tentu pernah dengan sengaja mengonsumsi makanan pedas ketika hidung sedang tersumbat untuk mendapat sensasi plong ketika bernapas, bukan? Kandungan capsaicin dalam cabai mirip dengan senyawa yang ditemukan pada banyak ramuan dekongestan yang memberikan efek berair pada hidung tersumbat.

Anda dapat mengonsumsi makanan pedas atau menambahkan sejumput bubuk cabai kering ke teh hangat, kemudian minum perlahan sambil hirup uap hangatnya untuk membantu merangsang membran mukus yang melapisi saluran hidung untuk mengeluarkan lendir. Hasilnya, Anda dapat bernapas dengan baik dan merasa lega.

5. Detoksifikasi
Mengonsumsi makanan pedas juga dapat membantu mendetoksifikasi gastrointestinal dalam mencerna makanan dan membuang zat yang tidak diperlukan tubuh. Selain itu, kandungan vitamin dan mineral dalam cabai juga dapat meningkatkan pasokan nutrisi ke jaringan tubuh.

Meskipun memiliki banyak manfaat, Anda pun harus memperhatikan porsi konsumsi makanan pedas agar tidak berlebihan, karena dapat menyebabkan iritasi pada saluran cerna atau pada kulit bibir hingga terasa perih. ** Baca juga: Jangan Abaikan 5 Aktivitas yang Bahayakan Paru-paru Anda

Mengonsumsi makanan pedas menjelang waktu tidur juga dapat menyebabkan gangguan pencernaan yang membuat Anda sulit tidur nyenyak. Batasi konsumsi makanan pedas agar tidak berbahaya bagi kesehatan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru