oleh

Menggugah Selera, Sajian Kuliner Khas Idul Adha dari 5 Negara

Kabar6-Indonesia bukanlah satu-satunya negara yang merayakan Idul Adha. Ada banyak negara yang merayakan, dan sama seperti di negara kita, mereka juga mengolah aneka hidangan berbahan dasar daging.

Apa saja sih sajian kuliner khas Idul Adha dari negara lain? Melansir Holidayme, ini lima negara dengan sajian daging yang menggugah selera saat Idul Adha:

1. Tagine
Makanan ini berasal dari Maroko, merupakan kuliner populer di daerah Afrika Utara terutama pada saat Idul Adha. Nama tagine sendiri diambil dari nama panci tembikar yang digunakan untuk memasaknya.

Tagine merupakan masakan bercita rasa gurih, terdiri dari daging dan sayuran yang dikukus perlahan, dan dimasak dalam waktu lama.

2. Oruk
Di Turki, perayaan Idul Adha identik dengan acara makan-makan bersama keluarga. Salah satu makanan yang biasa disajikan adalah oruk, yaitu bulatan daging mirip bakso yang dilapisi tepung dan dipanggang.

Daging dalam oruk sendiri biasanya akan dicampur dengan parutan bawang, kenari tumbuk, parsley, merica hitam, garam, dan cabai merah.

3. Biryani
Biryani atau yang lebih kita kenal sebagai nasi biryani adalah salah satu kuliner Idul Adha favorit di India. Terbuat dari nasi yang dicampur sayuran, daging, dan aneka rempah, tidak heran jika makanan ini digemari banyak orang. Tidak hanya saat Idul Adha, biryani juga disajikan pada setiap perayaan hari besar di India.

4. Nalli Nihari
Kuliner daging asal India satu ini pertama ditemukan di dapur milik Dinasti Moghul, sebelum akhirnya menyebar ke seluruh dunia.

Nalli Nihari sendiri adalah daging yang dimasak dengan kaldu secara perlahan sehingga daging dan tulang sumsumnya akan empuk saat dimakan. Biasanya, Nalli Nihari akan disajikan dengan sayuran segar dan daun ketumbar.

5. Maamoul
Kuliner ini berasal dari Lebanon dan Jordan yang sama sekali tidak berasal dari daging. Maamoul semacam kue kering yang diisi dengan potongan kurma, kenari, pistachio, dan dibuat dengan air mawar.

Saat Idul Adha, makanan ini biasanya disajikan sebagai pencuci mulut selepas makan daging dan cocok untuk disandingkan dengan teh atau kopi panas. ** Baca juga: Apes, Gara-gara Nama Belakangnya Seorang Pria Ditolak Saat Bikin Paspor

Hmm…makanan yang menerbitkan air liur.(ilj/bbs)

Berita Terbaru