oleh

Mengenal Mitos Tentang Kondom

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Kondom adalah alat kontrasepsi atau alat untuk mencegah kehamilan atau penularan penyakit kelamin pada saat berhubungan seks. Biasanya dibuat dari bahan karet latex dan dipakaikan pada alat kelamin pria atau wanita pada keadaan ereksi sebelum bercinta.

Saat ini ada beberapa mitos mengenai kondom yang telanjur dipercaya masyarakat. Apa sajakah mitos tersebut? Berikut uraiannya, dikutip dari doktersehat.com:

1. Mitos: kondom mampu mencegah kehamilan hingga 100 persen.Sebenarnya, meskipun merupakan alat kontrasepsi, efektifitas kondom untuk mencegah kehamilan tercatat 98 persen. Masih banyak pria yang belum benar-benar mengerti bagaimana cara menggunakan kondom dengan baik dan tepat, sehingga fungsi kondom tidak maksimal.

2. Mitos: pria yang memakai kondom tidak bisa menikmati hubungan intim dengan pasangan
Kondom yang melapisi Mr P dianggap bisa mengurangi sensasi keintiman selama bercinta. Sayangnya, pandangan ini ternyata juga kurang tepat, mengingat kondom modern telah dibuat setipis mungkin, sehingga Anda dan pasangan pun tetap bisa menikmati sesi bercinta meskipun menggunakan kondom.

3. Mitos: banyak pria yang berpikir bahwa kondom memiliki ukuran yang sama (satu ukuran)
Hal ini ternyata tidak sepenuhnya benar karena terdapat beberapa ukuran untuk kondom. Untuk kondom berukuran besar lebih sering diminati oleh masyarakat hanya karena adanya mitos ukuran yang lebih besar akan lebih baik. Padahal, kondom cenderung elastis dan bisa melebar sesuai dengan ukuran Mr P si pemakai.

4. Mitos: banyak pasangan menunda kehamilan dengan menggunakan dua buah kondom sekaligus. Hal ini ternyata sama sekali salah dan justru membuat kedua kondom bergesekan selama sesi bercinta, sehingga memicu kerusakan kondom (bocor) yang tentu berpengaruh pada kemungkinan hamil. ** Baca juga: Ini Lho Fakta Bercinta di Pagi Hari

Gunakan kondom sesuai aturan, dan tetap utamakan kualitas kondom.(ilj/bbs)

Berita Terbaru