Mengapa Warna Gusi Bisa Hitam?

Ilustrasi/bbs

Kabar6-Selain gigi, gusi juga bisa mengalami perubahan warna. Gusi yang normal dan sehat akan berwarna merah muda. Sayangnya, beberapa hal dapat mengakibatkan gusi Anda berwarna kehitaman. Dikutip dari berbagai sumber, ada enam hal yang dapat menyebabkan gusi menghitam:

1. Merokok
Gusi menjadi gelap atau hitam bisa terjadi jika Anda memiliki kebiasaan merokok, apalagi jika dalam frekuensi yang sering dan sudah sangat lama.

2. Bahan tambalan gigi
Beberapa bahan yang digunakan untuk menambal gigi, seperti silver, merkuri, arsen dan bismuth dapat diserap oleh gusi secara sistemik. Hal inilah yang membuat warna gusi dapat mengalami perubahan menjadi lebih gelap. Tak hanya gusi, jaringan lunak di sekeliling gusi pun turut berubah.

3. Konsumsi obat secara berlebihan
Jenis obat tertentu bisa berbahaya bagi organ tubuh, termasuk gusi. Konsumsi obat-obatan seperti obat antidepresan trisiklik, antimalaria, dan minocycline bisa mengakibatkan warna gusi menjadi lebih gelap bila dikonsumsi secara berlebihan.

4. Penyakit radang mulut
Radang yang terjadi dalam mulut terkadang memang sulit dihindari. Selain berimbas pada bau mulut, biasanya gusi juga akan berubah warna akibat radang ini. Namun bila ada penyakit gusi yang menyebabkan perdarahan, kemudian terdapat peradangan dan kemerahan, sebaiknya segera kunjungi dokter gigi untuk konsultasi dan pengobatan lebih lanjut.

5. Kurang menjaga kebersihan mulut
Pigmentasi atau perubahan warna pada gusi menjadi hitam tentu sama sekali tidak akan membuat senyum Anda menarik dan maksimal, dan ini bisa terjadi karena Anda kemungkinan kurang menjaga kebersihan mulut.

6. Mengonsumsi minuman beralkohol
Kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol juga bisa membuat perubahan warna gusi menjadi gelap. Hal ini akan diperparah ketika Anda memiliki kebiasaan minum dan merokok di saat yang sama. ** Baca juga: Ternyata 6 Hal Tak Terduga Ini Bisa Sebabkan Migrain

Apakah Anda sudah memiliki gusi yang sehat? (ilj/bbs)